Bertemu Menlu Kanada dan Italia, Menlu Retno Bahas Vaksin hingga Isu Kawasan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Kementerian Luar Negeri)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tengah melakukan kunjungan kerja ke Italia, guna mengikuti pertemuan para Menteri Luar Negeri Negara-negara G20 yang rencananya digelar pekan ini. 

Tiba di Italia, Menlu Retno langsung mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Italia dan Menteri Luar Negeri Kanada secara terpisah pada Minggu 27 Juni kemarin. 

Dengan Menlu Italia Luigi Di Maio, kita banyak berbicara mengenai presidensi G20. Tahun ini Italia memegang presidensi G20, dan tahun depan giliran Indonesia menjadi presiden G20. 

"Kita sepakat berkomitmen untuk saling dukung presidensi masing-masing. Dan kita juga sepakat membahas kerja sama perdagagan, investasi, vaksin COVID-19 dan sejumlah isu kawasan dan internasional," terang Menlu Retno dalam keterangan Kementerian Luar Negeri Senin 28 Juni.

Sementara itu, dengan Menlu Kanada Marc Garneau, Menlu Retno menyebut Kanada menyampaikan dukungan atas Presidensi Indonesia di G20 tahun 2022. Secara bilateral, keduanya juga menyambut baik dimulainya negosiasi Indonesia-Canada CEPA.

"Saya juga menekankan pentingnya penguatan kerja sama vaksin COVID-19 global yang menjadi perhatian Indonesia dan Kanada. Selain itu, kita juga membahas beberapa isu kawasan yang menjadi perhatian bersama," tandas Menlu Retno

Usai bertemu dengan kedua menteri luar negeri negara sahabat, Menlu Retno Marsudi menggelar rapat kooridinasi virtual dengan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa yang akan hadir pada pertemuan 'Joint Ministerial Meeting between Foreign Minister and Development Minister on Food Security' yang akan berlangsung 29 Juni di Matera, Italia

Untuk diketahui, pertemuan Menteri Luar Negeri Negara G20 rencananya akan digelar di Kota Matera, Italia pada 29 Juni esok. Sejumlah agenda yang akan dibahas di antaranya kesehatan global, perubahan iklim hingga perdagangan.