Liga 1 dan 2 Tetap Berjalan Meski Penularan COVID-19 Melonjak
Marco Motta (kiri) dan Marko Simic berselebrasi usai menjebol gawang Borneo FC (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyebut kompetisi sepak bola Liga 1 dan 2 akan tetap berjalan seperti yang sudah direncanakan. Meski, dalam beberapa hari terakhir penularan COVID-19 sangat tinggi, terlebih di Jakarta.

"Pelaksanaan Liga 1 dan 2 sampai saat ini masih on schedule dilaksanakan," ujar Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto dalam keterangannya, Sabtu, 19 Juni.

Sampai saat ini, lanjut Imam, Polri belum mengkaji pencabutan izin keramanan Liga 1 dan 2. Tapi, besar harapan sebelum perhelatan kegiatan itu berlangsung, penularan COVID-19 semakin menurun.

"Kita akan lihat dan tunggu arahan Kapolri dan Menkes (soal izin sepak bola)," kata Imam.

Sebelumnya, Polri resmi memberikan izin keramaian penyelenggaraan Liga 1 dan 2 sepak bola Indonesia. Keputusan pemberian izin berdasarkan diskusi dengan PSSI, PT LIB, Kementerian Kesehatan, Satgas, dan BNPB.

"Hasil diskusi kami memutuskan memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, Senin, 31 Mei.

Nantinya, Polri akan terus memantau proses berjalannya Liga 1 dan 2. Jika nanti ditemukan adanya pelanggaran, hal itu akan menjadi pertimbangan untuk mencabut izin keramaian tersebut.

"Kegiatan akan kami evaluasi sehingga pelanggaran prokes berpengaruh terhadap proses pelaksanaan liga," kata Sigit.