Wali Kota Gibran Bertemu Stafus Milenial Jokowi, Ini yang Dibahas
Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming menerima kunjungan staf khusus kepresidenan, Angkie Yudistia. (Pemkot Solo)

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming menerima kunjungan staf khusus kepresidenan, Angkie Yudistia.

Dalam pertemuan tersebut dipaparkan berbagai program yang telah dilakukan Pemkot Surakarta guna mendukung dan memfasilitasi penyandang disabilitas di Kota Solo. Gibran menyampaikan Solo sudah ramah terhadap penyandang disabilitas dengan berbagai layanan yang dimiliki. 

“Tadi sudah dipaparkan apa yang sudah kita lakukan di Solo. Solo dulu pernah menjadi tuan rumah Para Games, Solo sudah mempunyai layanan disabilitas sudah cukup lengkap, sudah ada BBRSPDF  Prof. dr Soeharso, NPC. Solo sudah friendly untuk disabilitas walaupun masih banyak kurangnya, nanti dibantu Mba Angkie” kata Gibran dikutip dari keterangan Humas Pemkot Solo, Kamis, 3 Juni.

Selanjutnya, Gibran juga menyampaikan progress vaksinasi penyandang disabilitas di Kota Solo yang saat ini menjadi target prioritas. 

“Untuk vaksinasi disabilitas, di angka 100an tapi ini berjalan terus dan yang jelas ini termasuk prioritas. Kalau ada yang membutuhkan untuk dijemput akan kami jemput” ujarnya.

Sementara itu, Angkie Yudistia menyampaikan apesiasi kepada Pemkot Solo. Kunjungan ini disebut Angkie bentuk sinergi antara pemerintah pusat dan daerah tentang penyandang disabilitas.  

Angkie menyampaikan beberapa prioritas yang ingin dicapai bagi penyandang disabilitas. 

“Tadi sudah dibicarakan, terdapat 3 prioritas  yang sudah dibahas dengan Mas Gibran. Pertama vaksinasi untuk penyandang disabilitas dapat prioritaskan. Kedua pemulihan kesehatan bersama-sama, bangkit, penyandang disabilitas dapat mengakses program-program pemerintah secara inklusif. Ketiga, pembentukan Komisi Nasional Disabilitas sebagai amanat No 8 Tahun 2016 dan peraturan Presiden terkait lembaga nasional,” papar Angkie.

Terakhir, Angkie berharap penyandang disabilitas di berbagai daerah bisa mendapat perhatian yang lebih. 

“Harapan bahwa teman disabilities di berbagai daerah dapat di rangkul pemerintah daerah. Sesuai arahan kebijakan yang sudah disahkan oleh bapak presiden, bisa diimplementasikan sesuai tepat sasaran dan manfaatnya dapat di terima dengan baik oleh penyandang disabilitas,” pungkasnya.