Mahasiswa Curi Kartu ATM Teman Sendiri, Lalu Kuras Duit Puluhan Juta di Bali
Barang bukti sisa uang (IST)

Bagikan:

BADUNG - Pria bernama Sumitra (22) yang berstatus mahasiswa ditangkap tim Polsek Kuta, Bali. Dia mencuri kartu ATM lalu menguras uang korban puluhan juta.

"Total yang pelaku ambil sebesar Rp24 juta dengan 4 kali transaksi di mesin ATM Mandiri Raya Kuta," kata Kapolsek Kuta, Kompol Nyoman Gatra, Selasa, 25 Mei.

Peristiwa ini terungkap saat korban bernama Slamet Sakirun melapor ke Polsek Kuta untuk membuat laporan kehilangan kartu ATM Mandiri pada Rabu, 5 Mei. 

"Kemudian, setelah proses pembuatan kartu ATM selesai. Saat itu, pelapor minta print out rekeningnya namun saat itu hasilnya belum bisa diambil," imbuh Gatra.

Pada Kamis, 20 Mei, korban mendapatkan informasi dari Bank Mandiri soal print out rekening. Ada 4 transaksi dengan total Rp24,3 juta. 

Transaksi ini dilaporkan ke Bank Mandiri yang langsung menyelidiki kamera CCTV. Kasus ini lalu dilaporkan ke Polsek Kuta. 

Dari sini, pelaku ditangkap di Pudak Sari Kuta. Pelaku dari pemeriksaan mengaku mencuri kartu ATM Mandiri korban dibonceng dengan motor. 

Duit yang dicuri digunakan untuk membeli motor, kalung emas, handphone, sewa kamar indekos termasuk dikirim ke orang tua. 

"Pelaku mengetahui nomor pin ATM korban, saat mereka pernah berdua di dalam mesin ATM, satu hari sebelum mendapatkan kartu ATM. Saat itu, korban mengambil uang dan pelaku ada di sampingnya," ujar Kompol Gatra.