Tepat Pukul 00.00 WIB Nanti, Polisi Sekat Akses Jakarta Cegah Pemudik
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Polisi mulai menyekat akses Jakarta untuk mencegah pemudik di masa larangan mudik. Penyekatan dengan penjagaan polisi dilakukan pukul 00.00 WIB tengah malam nanti.

"Seluruh titik yang sudah kita persiapkan baik 17 titik check point maupun 14 titik penyekatan akan beroperasi mulai nanti malam pukul 24.00 WIB," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Rabu, 5 Mei. 

Tepat pukul 00.00 WIB, petugas akan memeriksa kendaraan yang keluar dan masuk ke Jakarta. Kendaraan pribadi dan kendaraan umum diperiksa petugas penyekatan larangan mudik. 

“Semua kendaraan dicek baik kendaraan pribadi atau umum. Bagi perjalanan yang dilarang selain non mudik seperti angkutan barang logistik, kedukaan atau sakit, ibu hamil yang melakukan persalinan. Di luar itu tidak boleh lakukan perjalanan,” sambung Sambodo. 

Ada 4.276 personel ditempatkan di wilayah Jakarta. Polda menempatkan personel di 14 titik penyekatan dan 17 titik pemeriksaan atau check point. 

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyampaikan Operasi Ketupat 2021 akan digelar selama 12 hari, mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021.

Ada 155.000 personel gabungan terdiri atas 90.502 personel Polri dan 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait yang dikerahkan dalam Operasi Ketupat.

Dalam operasi ini, kata Istiono, fokus yang masuk prioritas Polri yakni mencegah COVID-19 melalui penyekatan dan penegakan protokol kesehatan.

"Prioritas kami langkah preventif secara humanis sehingga masyarakat mematuhi prokes, laksanakan penegakan hukum upaya yang terakhir kepada oknum yang menciptakan kluster baru Covid-19," ujar Istiono.

Penyekatan dalam Operasi Ketupat 2021 akan dilaksanakan di 381 pos penyekatan mulai dari Lampung hingga Bali.