Gibran Pecat Lurah yang Pungli Zakat Idulfitri, PDI Perjuangan: Langkah Bagus
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Antara).

Bagikan:

JAKARTA – PDI Perjuangan memuji langkah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang memberhentikan Lurah Gajahan karena terlibat pungutan liar (pungli) zakat Idulfitri.

Pujian tersebut disampaikan oleh politikus PDIP Hendrawan Supratikno. Dia menyebut langkah Gibran menunjukkan seorang pemimpin yang cerdas. Sebab, meminta dana kepada warga berkedok sedekah tidak dibenarkan.

"Langkah awal yang bagus. Menggeser persepsi dan tradisi yang keliru merupakan pintu masuk pemosisian politik yang cerdas," ujar kepada VOI, Selasa, 4 Mei.

Dalam kondisi Indonesia saat ini, sambung Hendrawan, menghadirkan wajah birokrasi yang melayani rakyat sangat penting.

"Itu menjawab kerinduan rakyat banyak," jelas anggota Komisi XI DPR itu.

Langkah Gibran patut diacungi jempol

Terkait adanya hujatan warga yang tak terima lantaran lurahnya dipecat Gibran, Hendrawan menilai setiap kebijakan memang ada resiko. Namun, kata dia, patut diacungi jempol Gibran berani ambil sikap sebagai pemimpin muda.

"Setiap pemosisian politik (political positioning) mengandung risiko. Setiap perjuangan selalu berhadapan dengan resistensi atau kekuatan status-quo. Justru di situ greget dan nyali diukur oleh publik," kata Hendrawan.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka angkat bicara setelah mendapat protes dari warga Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon soal pemecatan lurah mereka, Suparno.

Bagi Gibran, pungutan liar (pungli) dalam bentuk sedekah dan zakat fitrah tetaplah kesalahan dan harus dipertanggungjawabkan.

"Kesalahan sudah jelas. Suratnya sudah jelas, dia mutarin surat seperti apa, redaksi seperti apa. Ya tetap salah, dia kan bertanggungjawab," kata Gibran di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin, 3 Mei.

Gibran juga mempersilakan warga yang hendak mengumpulkan tandatangan dukungan sebagai bentuk protes agar lurah mereka tidak dipecat.

"Ya silakan, saya enggak menghalangi. Yang jelas kesalahannya sudah jelas," tegas Gibran.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Ketegasan Gibran Pecat Lurah Gajahan yang Pungli Modus Zakar Dipuji PDIP.

Selain informasi soal PDIP puji ketegasan Gibran, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!