Duka Prabowo: Saudaranya Ikut Gugur dalam Tragedi KRI Nanggala-402
Letda Rhesa Tri Sigar, Keponakan Prabowo yang ikut gugur dalam tragedi KRI Nanggala-402. (Instagram/@prabowo).

Bagikan:

DENPASAR – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membagikan potret salah satu awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang gugur di perairan utara Bali lewat akun Instagram pribadinya. Sosok prajurit TNI AL yang diunggah Prabowo adalah Letda Rhesa Tri Sigar, keponakannya dari garis keturunan sang ibu.

"Salah satu dari Putra Terbaik Bangsa, Letda Laut (T) Rhesa Tri Sigar, saudara saya yang gugur bersama KRI Nanggala 402 berkorban demi Sang Merah Putih," tulisnya, dikutip VOI dari akun Instagram @prabowo, Selasa, 27 April 2021.

Ayah Letda Rhesa juga gugur dalam tugas

Prabowo menjelaskan, Rhesa adalah anak dari sepupunya yaitu Letkol Godfried Sigar yang dulunya merupakan Kepala Seksi Operasi Korem 164 atau Wira Dharma Dili. Prabowo menyebut, ayah Rhesa juga gugur di operasi Timor Timur pada 4 Juni 1998 lalu.

Prabowo juga sudah mengunjungi ibunda Rhesa, Indah Wahyu Arini Retno Utami dan kakaknya, Kapten Inf Julius Sigar di kediamannya yang ada di Surabaya.

"Kami sekeluarga akan selalu mengenang jasamu bagi Indonesia tercinta, engkau akan selalu hidup di dalam semangat kami. Hormat dan doa kami selalu mengiringi," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada hari kelima pencarian atau pada Minggu, 25 April, mengumumkan bahwa 53 prajurit yang berada dalam kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur dalam tugasnya.

Pengumuman itu diberikan setelah tim pencari menemukan sejumlah bukti otentik yang menunjukkan KRI Nanggala-402 karam pada kedalaman 838 meter dan badan kapal terbelah jadi tiga bagian.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur. Oleh karena itu, dengan kesedihan yang mendalam selaku panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur," kata panglima TNI saat jumpa pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali. Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI selaku panglima TNI saya sampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan Yang Maha Besar memberi keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan," ujar Hadi menambahkan.

Baca terus VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!