Polda Bali Bongkar Peredaran Narkoba yang Dikendalikan dari Lapas di Perairan Bali
Ilustrasi, (Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Aparat kepolisian dari jajaran Ditpolairud Polda Bali berhasil membongkar kasus peredaran narkoba jaringan lembaga pemasyarakatan (lapas) dengan tersangka atas nama Larianda Dominikus Sitanggang (32) yang terjadi di perairan Bali.

"Tersangka merupakan perantauan dan bekerja sebagai satpam tapi dirumahkan. Ia berperan sebagai kurir yang dikendalikan dari seorang napi di LP Kerobokan," ujar Direktur Polairud Polda Bali, Kombes Pol Toni Ariadi, dalam konferensi pers di Denpasar, Bali, Selasa 20 April 2021.

Edarkan narkoba jenis sabu

Toni mengungkapkan, pelaku diminta mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu sesuai perintah narapidana bernama Siswanto alias Anto yang ada di LP Kerobokan. Dari tersangka diperoleh barang bukti berupa satu plastik klip bening berisi kristal bening diduga sabu-sabu seberat 1,40 gram brutto atau 1,9 gram netto.

"Saat ditangkap pada Jumat, 2 April 2021, pukul 20.00 WITA, tersangka mengakui bahwa sabu-sabu adalah miliknya yang akan ditempel atau dipindahkan ke Kuta, Badung," kata Ariasi.

Sementara itu, Kasi Sidik Ditpolairud Polda Bali, Komisaris Polisi I Made Mundra, menyatakan, sang kurir sabu sebelumnya bekerja sebagai satpam pelabuhan di daerah asalnya namun dirumahkan karena dampak dari Covid-19, sehingga mengambil pekerjaan sampingan ini sebagai kurir narkoba.

"Ia sudah lama berada di Bali, dan jual-beli narkoba sejak Covid-19 ini, ya... sekitar setahun lebih. Sedangkan untuk keuntungannya tergantung dari jaraknya, jika dekat dapat upah Rp50.000 dan jauh Rp150.000," ucapnya.

Ia mengatakan, Sitanggang khusus menyasar wilayah pesisir pantai dan pelabuhan sebagai tempat peredaran narkoba. Sitanggang, kata dia, selama menjadi kurir narkoba, juga mengenal pengendalinya yang berada di dalam Lapas Kerobokan.