Komplotan Curanmor Spesialis Motor NMAX di Bali Ditangkap, 15 Motor Dicuri
Kapolresta Denpasar Kombes Jansen Avitius Panjaitan saat rilis kasus pencurian NMAX (IST)

Bagikan:

DENPASAR - Komplotan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) spesialis NMAX, I Kadek Sukadana dan I Kadek Suparsa alias Dek Rio (21) ditangkap polisi di Denpasar Timur, Bali. 

Mereka sudah beraksi mencuri 15 motor NMAX di sejumlah kabupaten dan kota. Tersangka Sukadana ditembak kakinya karena melawan saat penangkapan.

"Untuk 15 TKP (tempat kejadian perkara) diduga 2 bulan yang lalu (mereka melakukan aksinya) dan kita tetap akan kembangkan dan tidak menutup kemungkinan ada TKP dan tersangka lainnya," kata Kapolresta Denpasar Kombes Jansen Avitus Panjaitan, di Mapolsek Denpasar Timur, Jumat, 16 April.

Para tersangka ini melakukan pencurian motor NMAX dengan menggunakan kunci T atau kunci palsu.

Rilis kasus pencurian NMAX di Polresta Denpasar (IST)

Terungkapnya, aksi komplotan ini berawal dari laporan korban bernama I Gusti Ketut Kardiasa yang saat itu memarkir sepeda motornya di tempat indekosnya di Jalan Kembang Matahari 1, Denpasar Timur pada Minggu, 11 April.

Saat bangun tidur, korban kaget motornya raib dibawa maling. Korban melapor ke polisi. 

"Mereka ini spesialis Yamaha NMAX. Dari 15 TKP yang saat ini kita kembangkan bisa lebih bahkan dan itu semuanya jenis sepeda motor Yamaha NMAX. Jadi mereka pastikan sepeda motor tidak terkunci hingga dengan mudahnya dengan kunci yang mereka persiapkan langsung membawa lari sepeda motor," imbuh Jansen.

Motor curian ini kemudian dijual lewat Facebook. Motor NMAX curian dijual Rp7,5 juta tanpa STNK.

"Kebetulan dari beberapa NMAX yang mereka curi ada pemilik sepeda motor yang meninggalkan STNK-nya. Sehingga harga yang ada STNK lebih mahal sampai Rp 11 juta," jelas Kombes Jansen.

Tersangka mengincar motor NMAX karena peminatnya sangat banyak sehingga bisa langsung terjual dengan harganya tinggi.

"NMAX ini orang banyak mencari. Contoh dia (tersangka) ambil jam 7 pagi sore hari sudah ada pembeli. Jadi cepat, apalagi harganya murah. Modus mereka memastikan kendaraan sepeda motor tidak terkunci tang-nya sehingga dapat dengan mudah melakukan pencurian," ujar Kombes Jansen.