Siap-siap, Pemerintah Akan Buka Rekrutmen 1,3 Juta Calon ASN Tahun 2021
Ilustrasi foto PNS. (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) membuka rekrutmen sebanyak 1,3 juta calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021.

Menpan RB Tjahjo Kumolo menuturkan, formasi yang dibutuhkan sebanyak 1 juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), 189 ribu CPNS dan PPPK pemerintah daerah, serta 83 ribu CPNS dan PPPK pemerintah pusat.

"Tahun ini, pemerintah membuka sekitar 1,3 juta formasi untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Jumlah ini tidak pernah kita lakukan sebelumnya,” kata Tjahjo dikutip dari lama Sekretariat Kabinet, Sabtu, 20 Maret.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko menuturkan, proses rekrutmen akan dimulai pada bulan April. Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan menetapkan formasi yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Rekrutmen bagi CASN akan dimulai dengan pembukaan pendaftaran untuk sekolah kedinasan yang rencananya akan dimulai pada bulan April. Penerimaan CASN tahun 2021 akan diperuntukkan pegawai negeri sipil (PNS),  PPPK, serta sekolah kedinasan," jelas Teguh.

Rekrutmen CASN akan diawali bagi sekolah kedinasan di bawah delapan instansi kementerian dan lembaga.

Kedelapan instansi tersebut adalah Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Setelah itu dilanjutkan pembukaan pendaftaran guru PPPK, PPPK nonguru, dan CPNS yang direncanakan pada bulan Mei atau Juni.

Formasi guru PPPK bisa diisi oleh tenaga honorer yang terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud, guru honorer eks THK-2, dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang tidak mengajar.

Bagi calon pelamar guru PPPK, akan diberikan kesempatan mengikuti tiga kali seleksi. Pertama direncanakan pada bulan Agustus, kedua pada bulan Oktober, dan ketiga akan dilaksanakan di bulan Desember. 

"Setelah proses seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT), bagi yang lulus akan melanjutkan tahapan selanjutnya yakni pemberkasaan, hingga penetapan NIP oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN)," ungkap Teguh.

“Jika ada informasi terbaru terkait jadwal ataupun proses seleksi CASN, akan kami sampaikan melalui website resmi Kementerian PANRB,” tambahnya.