Pengumuman! Layanan ATM di Bali Disetop Sementara Mulai 13 Maret Pukul 12.00
Ilustrasi transaksi dengan mesin ATM. (Freepik).

Bagikan:

DENPASAR – Bank Indonesia mengeluarkan pengumuman terkait kegiatan transaksi dengan mesin ATM di Provinsi Bali jelang Hari Raya Nyepi 2021.

BI menyampaikan, sarana penarikan tunai dan kegiatan transaksi lainnya dengan mesin  ATM di Bali secara bertahap pada 13 Maret 2021 mulai pukul 12.00 WITA akan dinonaktifkan atau tidak beroperasional sementara, terkait dengan pelaksanaan Hari Suci Nyepi.

“Untuk memperingati kesucian Hari Nyepi Tahun Baru Caka 1943 yang jatuh pada 14 Maret mendatang, di antaranya layanan mesin ATM di Bali memang akan dinonaktifkan,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Trisno Nugroho di Denpasar, dikutip dari Antara, Jumat, 12 Maret.

Beroperasi lagi Senin, 15 Maret

Dia menambahkan, sarana mesin ATM akan kembali beroperasi seperti biasanya pada Senin, 15 Maret pukul 07.00 WITA.

Sementara untuk layanan perbankan yang berbasis elektronik atau digital seperti mobile banking tetap beroperasi seperti biasanya, sepanjang ditunjang dengan sarana jaringan internet.

“Sehubungan dengan hal tersebut, untuk pemenuhan kebutuhan uang tunai di masyarakat, kami mengimbau agar dapat dilakukan sebelum jadwal penonaktifan mesin ATM oleh perbankan,” ujar Trisno.

Selain itu, untuk penyelesaian transaksi lainnya, dapat dilakukan secara non tunai melalui internet banking/mobile banking.

Demikian juga terkait dengan perayaan Hari Raya Nyepi ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali pun tidak melakukan kegiatan operasional pada Senin, 15 Maret

“Dengan demikian, kegiatan layanan penarikan dan penyetoran kas perbankan, serta kegiatan pertukaran warkat debet (cek/bilyet giro) ditiadakan,’ kata Trisno.

Selanjutnya, Kantor Bank Indonesia Provinsi Bali akan kembali membuka layanan seperti biasanya pada Selasa, 16 Maret mendatang.