Selain Potensi Hujan di 22 Kota Hari Ini, Waspada Panas Tinggi di 3 Wilayah di Tanah Air
Ilustrasi cuaca panas terik (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Senin 6 Mei. Prakirawan Yuni Maharani menyatakan, 22 dari 34 kota besar di Tanah Air berpotensi hujan dengan intensitas beragam. Namun perlu diwaspadai suhu panas tinggi di tiga kota besar ini.

Dari 22 kota, ada 12 kota bakal turun hujan dengan intensitas ringan yaitu, Kota Medan, Pekanbaru, dan Bengkulu (Sumatera), Kota Serang (Jawa), Kota Samarinda dan Palangkaraya (Kalimantan), Kota Palu dan Mamuju (Sulawesi), Kota Ambon, Ternate, Manokwari, dan Jayapura (Maluku dan Papua).

Kemudian ada 4 kota berpotensi hujan ringan, yaitu Kota Tanjungpinang (Sumatera), Kota Pontianak (Kalimantan), Kota Gorontalo dan Kendari (Sulawesi).

Selain itu ada 6 kota berpotensi hujan disertai petir, yaitu Kota Jambi, Pangkalpinang, Palembang, dan Bandar Lampung (Sumatera), Kota Tanjung Selor dan Banjarmasin (Kalimantan).

Kota dengan kondisi cuaca berawan dan cerah berawan yaitu, Kota Banda Aceh dan Padang (Sumatera), Kota Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta (Jawa), Kota Mataram, Denpasar, dan Kupang (Bali dan Nusa Tenggara), Kota Manado, dan Makassar (Sulawesi).

“Suhu Udara berkisar18 hingga 35 derajat celsius, dengan Kota Semarang dan Surabaya berpotensi suhu panas mencapai 35 derajat celsius, dan Kota Banjarmasin hingga 34 derajat celsius,” ujar Yuni dalam siaran Info BMKG.

Sedangkan kelembapan udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar antara 50 persen hingga 100 persen.