Prakiraan Cuaca Selasa 16 April, Mayoritas Kota Besar Diguyur Hujan
Ilustrasi hujan (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca nasional untuk Selasa 16 April. Prakirawan Nurul Izzah Fitria mengukapkan, mayoritas kota besar di Tanah Air diprediksi turun hujan.

Dari 34 kota besar di Indonesia, sebanyak 27 kota berpotensi hujan, dengan intensitas ringan, sedang, hujan lebat, hingga hujan disertai petir.

“Di Pulau Sumatera seluruh kota besarnya berpotensi hujan, Hujan ringan di Kota Banda Aceh dan Bandar Lampung, hujan sedang di Kota.

Jambi dab Palembang, Hujan disertai petir di Kota Medan, Pekanbaru, Padang, Tanjungpinang, Bengkulu, dan Pangkalpinang,” ujar Nurul Izzah dalam siaran Info BMKG.

Di Pulau Jawa, cuaca berawan terpantau di Kota Jakarta dan Yogyakarta, hujan ringan di Kota Serang, Semarang, dan Surabaya, serta hujan sedang di Kota Bandung.

Di Bali dan Nusa Tenggara, cuaca cerah diprrediksi di Kota Kupang, hujan ringan di Kota Denpasar, dan hujan sedang di Kota Mataram.

Di Pulau Kalimantan, cuaca berawan di Kota Tanjung Selor, hujan ringan di Kota Samarinda, dan Banjarmasin, hujan sedang di Kota Palangkaraya, serta hujan disertai petir di Kota Pontianak.

Di Pulau Sulawesi, cuaca berawan di Kota Manado dan Gorontalo, serta hujan ringan di Kota Palu, Kendari, dan Makassar. “Waspada potensi hujan lebat di Kota Mamuju,” ujar Nurul Izzah.

Di Kepulauan Maluku dan Papua, cuaca berawan berpotensi di Kota  Ternate, hujan ringan di Kota Manokwari dan Jayapura, serta hujan sedang di Kota Ambon.

Suhu udara di kota-kota besar Tanah Air berkisar antara 18 hingga 35 derajat celsius, dengan kelembapan antara 55% hingga 100%.