Pemudik Diminta Waspada, BMKG: Hujan Lebat hingga Angin Kencang Berpotensi Terjadi di Jakarta dan Jawa Barat
Ilustrasi hujan deras (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah provinsi Indonesia pada Sabtu 13 April.

Dalam informasi yang diunggah di laman resmi BMKG, wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang meliputi Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, hingga wilayah Kalimantan dan Lampung.

Tidak hanya itu, potensi hujan lebat juga diperkirakan terjadi di Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat, Riau, hingga Sulawesi dan beberapa provinsi di Sumatera.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, telah mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan selama periode arus mudik dan arus balik Lebaran. Ia menekankan pentingnya memantau informasi dan kondisi cuaca sebelum memulai perjalanan.

"Jika kondisi cuaca memburuk, lebih baik menunda perjalanan. Pantau terus perkembangan info cuaca dan peringatan dini melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS)," ujar Dwikorita.