Rekayasa Lalu Lintas Sekitar Kawasan GBK Saat Debat Capres Ketiga
Rekayasa lalu lintas akan dilakukan di sekitar Kawasan GBK selama debat capres ketiga (dok. GBK.id).

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal menerapkan rekayasa lalu lintas terkait penyelenggaraan debat ketiga Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024. Namun, pemberlakuannya situasional.

"Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK. Namun, penerapan rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional tergantung pada kondisi dan situasi di lapangan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Minggu, 7 Januari 2024.

Skema rekayasa lalu lintas yang rencananya akan diterapkan, yakni arus lalu lintas kendaraan dari Jalan Gatot Subroto menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi.

Kemudian, arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika diarahkan lurus ke arah Jalan Hang Tuah Raya.

Terakhir, arus lalu lintas dari Bundaran Senayan yang akan menuju ke Jalan Pintu Senayan diarahkan lurus ke Jalan Jenderal Sudirman.

Masih dalam skema pengamanan, nantinya 8 pintu masuk ke Kawasan Gelora Bung Karno atau GBK bakal ditutup.

"Pintu akses yang ditutup yakni pintu 1, 2, 3, 4, 6, 9, 11, dan 12," ujar Trunoyudo.

Pintu 7 dan 10 akan menjadi akses masuk maupun keluar. Tentunya, tetap dengan penjagaan oleh tim gabungan. Sementara pintu 5 dan 8 hanya digunakan untuk akses keluar.

Sementara itu, untuk personel yang disiagakan yakni sebanyak 3.041 personel gabungan. Perinciannya, 2.877 personel Polri yang terdiri dari Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel, dan Satgasres 100 personel.

Kemudian, 120 personel dari TNI dan 94 personel berasal Pemda DKI dengan perincian Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel, serta Damkar 14 personel.

"Pengamanan personel gabungan Polri, TNI, dan Pemerintah Propinsi DKI sesuai dinamika hakikat tugas fungsi sasaran pengamanan kegiatan debat capres-cawapres ketiga melalui Satgas Preemtif, Preventif, Humas, dan Bantuan Operasi," kata Trunoyudo.

Adapun debat ketiga Pilpres 2024 akan dimulai pukul 19.00 WIB. Tema debat capres nanti ialah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.