Cuaca 29 Desember, Waspada! 32 Kota di Indonesia Akan Hujan Deras
Ilustrasi hujan deras (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Jumat 29 Desember 2023. Prakirawan Syndhy Indah Pratiwi mengungkapkan, hujan diprediksi turun di 32 kota besar di Indonesia.

“Dari 34 kota besar di Tanah Air, hanya dua kota yang diprediksi cuaca berawan di Kupang, dan cuaca cerah berawan di Kota Ambon,” ungkap Syndhy Indah dalam siaran Info BMKG, Jumat 29 Desember.

Dimulai dari Pulau Sumatera, 10 kota besarnya diprediksi turun hujan ringan, sedang, lebat, dan hujan disertai petir. Hujan ringan di Kota Bandar Lampung, dan hujan sedang di Banda Aceh dan Palembang.

“Hujan lebat diprediksi terjadi di Kota Padang dan Medan. Sedangkan hujan disertai kilat/petir bakal terjadi di Kota Pekanbaru, Tanjungpinang, Pangkal Pinang, Bengkulu, dan Jambi,” jelas Syndhy.

Di Pulau Jawa, hujan bakal mengguyur enam kota besarnya. Hujan ringan diprediksi terjadi di Kota Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Hujan sedang di Kota Serang dan Semarang. "Waspada hujan lebat di Kota Bandung,” ungkap Syndhy.

Di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan ringan di Kota Denpasar, sedangkan Kota Mataram diprediksi hujan disertai kilat/petir.

Di Pulau kalimantan, lima kota besarnya bakal diguyur hujan. Hujan ringan diprediksi melanda Kota Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin. Hujan sedang di Kota Tanjung Selor, dan hujan disertai kilat/petir di Kota Pontianak.

Di Pulau Sulawesi, enam kota besarnya diprediksi hujan ringan, yakni di Kota Gorontalo, Palu, Makassar, Mamuju, Manado, dan Kendari.

Di wilayah Indonesia bagian timur, tiga kota diprediksi hujan ringan, yaitu Kota Ternate, Manokwari, dan Jayapura.