Sedia Payung! Cuaca 1 Desember Kota Besar di Jawa Diguyur Hujan Deras
Ilustrasi cuaca buruk (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Jumat 1 Desember 2023. Prakirawan Rifat Darajat mengingatkan masyarakat akan potensi hujan di kota-kota besar di Pulau Jawa.

“Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Serang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan hujan sedang di Kota Semarang. Untuk sobat yang berada di Kota Bandung, waspadai hujan disertai petir/kilat,” ujar Rifat dalam siaran Info BMKG, Jumat, 1 Desember.

Di Pulau Sumatera, Kota Banda Aceh dan Padang diperkirakan hujan turun dengan intensitas ringan, sedangkan hujan dengan intensitas sedang di Kota Pekanbaru.

“Perlu diwaspadai potensi hujan lebat di Kota Medan, dan hujan disertai petir di Tanjungpinang, Jambi, dan Pangkal Pinang,” jelas Rifat.

Sementara itu, Kota Bengkulu dan Bandar Lampung berpotensi hujan ringan, dan Kota Palembang diprediksi berawan.

Bergeser ke Pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Kupang. Sedangkan Kota Denpasar hujan sedang, sementara Kota Mataram waspada hujan disertai petir.

Berpindah ke Pulau Kalimantan, Kota Tanjung Selor diprediksi berkabut. Hujan disertai petir berpotensi terjadi di Kota Samarinda, Banjarmasin, dan Pontianak. Sedangkan Kota Palangkaraya diprediksi hujan sedang.

Hujan juga diprediksi mengguyur kota-kota besar di Pulau Sulawesi. Hujan ringan bakal mengguyur Kota Manado, Gorontalo, Palu, dan Makassar, sedangkan Kota Mamuju diprediksi hujan sedang.

“Waspada hujan disertai petir di Kota Kendari,”ujar Rifat.

Terakhir di wilayah Indonesia timur, hujan ringan diprediksi turun di Kota Ternate dan Manokwari, sedangkan Kota Ambon dan Jayapura diprediksi berawan.