Jadi Wali Kota Solo, Ini yang Sudah Dilakukan Gibran Rakabuming
Prestasi Gibran di Solo

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sosok Gibran Rakabuming Raka tengah menjadi perhatian publik, setelah dirinya ditetapkan sebagai cawapres pendamping Prabowo Subianto. Majunya putra sulung Jokowi tersebut dalam perhelatan Pemilu 2024 menuai pro-kontra mengingat usianya yang masih muda. Masyarakat pun mempertanyakan prestasi Gibran di Solo.

Gibran Rakabuming baru dua tahunan memegang jabatan sebagai Walikota Solo. Dirinya mulai dilantik menjadi walikota pada Januari 2021. Banyak pihak yang menyoroti kelayakan Gibran maju kontestasi Pemilu mengingat pengalamannya menjabat kepala daerah belum cukup lama. 

Namun tidak sedikit masyarakat yang mengungkapkan bahwa Gibran telah berhasil mengubah wajah Kota Solo. Sejak kepemimpinan pria berusia 36 tahun tersebut, terjadi perkembangan di Solo baik dari segi ekonomi, wisata, pembangunan, dan lainnya. Lantas apa saja prestasi Gibran di Solo?

Daftar Prestasi Gibran di Solo

Sebagai pemimpin muda, Gibran disebut memiliki kinerja yang sat-set dalam membuat kemajuan di Kota Solo. Kemajuan yang dibawa Gibran inilah yang kemudian mendulang banyak simpatisan atau masyarakat yang mendukungnya. 

Berikut ini beberapa prestasi Gibran selama menjabat sebagai Walikota Solo:

Pertumbuhan Ekonomi 

Saat awal memegang tampuk kepemimpinan Kota Solo, Gibran mengutamakan percepatan pemulihan ekonomi dan perhatian kesehatan dalam program kerjanya. Baru-baru ini, Gibran mengumumkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Solo meningkat menjadi 6,25 persen pada tahun 2022. Pertumbuhan ekonomi ini merupakan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 4,01 persen.

Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed

Salah satu pencapaian yang menonjol dari Gibran Rangkabuming adalah pembangunan Masjid Sheikh Zayed. Pembangunan masjid besar dan luas ini merupakan hasil kolaborasi dengan Pangeran Uni Emirat Arab. Masjid Sheikh Zayed kini menjadi bangunan paling megah di Kota Solo dan telah menjadi ikon yang menarik perhatian para wisatawan.

Revitalisasi Pasar

Gibran Rakabuming bersama dengan Pemprov Kota Solo melakukan perbaikan pasar agar lebih bersih dan nyaman bagi pengunjung. Setelah ia terpilih sebagai Walikota Solo, Gibran melakukan revitalisasi Pasar Legi, Shelter Manahan Solo telah dengan konsep food court, dan Pasar Malam Ngarsopuro. 

Revitalisasi Taman

Gibran juga telah menjalankan serangkaian revitalisasi taman dengan tujuan untuk menarik minat masyarakat lokal maupun pengunjung dari luar Solo. Salah satu taman yang direvitalisasi adalah Taman Balekembang. 

Program lain yang dilaksanakan yaitu revitalisasi Solo Technopark yang terletak di Jebres, yang telah selesai pembangunannya. Kawasan sains dan teknologi ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti lapangan basket, lapangan futsal, dan fasilitas penelitian pengembangan teknologi dan inovasi.

Revitalisasi Bangunan Budaya

Gibran Rakabuming juga menaruh perhatian pada bangunan bersejarah. Untuk menjaga kelestarian  budaya dan meningkatkan daya tarik wisata, Gibran melakukan revitalisasi museum Lokananta. Lokananta versi baru sekarang memiliki Lima Pilar Utama, termasuk Museum/Galeri Studio Rekaman, Arena Pertunjukan, Area Kuliner, dan Galeri UMKM.

Selain itu, Gibran juga turut melakukan revitalisasi Taman Pracima, yang terletak di kompleks Pura Mangkunegaran. Revitalisasi bangunan bersejarah keluarga kerajaan ini telah selesai. dan dilaunching pada 21 Januari 2023.

Pembangunan Sentra IKM

Gibran juga telah menyelesaikan pembangunan Sentra IKM Mebel Gilingan. Sentra IKM ini menempati lahan seluas sekitar 5.000 meter persegi dan dirancang sebagai fasilitas penting untuk mendukung kualitas dan pemasaran produk-produk mebel. 

Penataan Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto

Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto juga dijalankan oleh Gibran saat memimpin Solo. Perbaikan kawasan Ngarsopuro dilakukan dengan perluasan lokasi Night Market Ngarsopuro, yang membentang hingga koridor Jalan Gatot Subroto. Kawasan jalan dengan panjang total 390 meter ini akan dijadikan pusat industri kreatif.

Revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug

Pemerintahan Gibran di Solo juga memiliki program prioritas lain, yaitu pembaharuan Taman Satwa Taru Jurug. Sekarang telah berganti nama menjadi Solo Safari dan menjadi salah satu tujuan wisata populer di Solo. Proses revitalisasi masih berlanjut dengan pembangunan tahap kedua. 

Demikianlah sejumlah prestasi Gibran di Solo ketika menjabat Walikota berjalan hampir tiga tahun. Berkat beberapa pencapaian yang berhasil ditorehkan Gibran dalam sektor ekonomi, budaya, pariwisata, dan lainnya, putra sulung Jokowi ini kini berhasil menarik simpatisan banyak orang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.