Makna Hari Kemerdekaan Bagi Anies Baswedan: Bukan Sekedar Upacara Bendera yang Ditonton Rakyat
Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan, mengenakan beskap Jawa. (foto: nailin/voi.id)

Bagikan:

JAKARTA - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan, turut melangsungkan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan HUT RI ke-78 bersama warga di Waduk Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Agustus. 

Anies memaknai hari Kemerdekaan yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus ini sebagai perayaan bagi seluruh rakyat, bukan hanya sekedar momen upacara bendara yang digelar negara dan menjadi tontonan masyarakat.

"Kami merasa setiap kali ada perhelatan 17-an, perayaan rakyat bukan sekadar upacara oleh negara yang ditonton oleh rakyat, tapi perayaan oleh seluruh rakyat," ujar Anies di lokasi.  "Dan kami di Lebak Bulus juga ikut merayakan kemerdekaan ini," sambungnya.

 

Menurut Anies, masih banyak tantangan yang harus dilalui bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

 

"PR-nya masih banyak, kemerdekaan itu seperti apa yang dikata Bung Karno yaitu jembatan emas untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur," katanya. 

 

Oleh karena itu, mantan gubernur DKI Jakarta ini menilai, seluruh elemen bangsa harus terus bekerja meneruskan perjuangan pendiri bangsa. 

 

"Jadi perjuangan masih panjang dan kita masih terus menerus bekerja. Tapi kita harus mensyukuri kemajuan yang sudah kita dapat selama ini," tambah Anies.