Ganjar Pranowo, Raih Penghargaan KUR Terbaik untuk UMKM Nasional
Gubernur jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sekali lagi mengukir prestasi gemilang bagi provinsi ini. Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, Ganjar berhasil membawa Jawa Tengah meraih penghargaan sebagai provinsi dengan strategi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbaik untuk UMKM tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam acara KUR Award di Pos Bloc Jakarta, pada Rabu 9 Agustus. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dan Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki.

Dalam penghargaan ini, Jateng meraih posisi pertama sebagai provinsi dengan strategi penyaluran KUR terbaik. Posisi kedua ditempati oleh Provinsi Jatim, dan peringkat ketiga diraih oleh Provinsi Lampung.

Ganjar Pranowo berbincang dengan. (IST)
Ganjar Pranowo menerima penghargaan dari Menkeu Sri Mulyani. (IST)

"Selamat kepada Jateng atas pencapaian luar biasa ini. Dengan penghargaan ini, Jateng telah berhasil meraih penghargaan selama tiga tahun berturut-turut," ujar Airlangga Hartarto.

Selain kategori strategi penyaluran KUR terbaik, juga terdapat penghargaan kategori inovasi penyaluran KUR terbaik. Provinsi Jawa Barat keluar sebagai juara, diikuti oleh Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bali.

"Aku ucapkan selamat kepada semua pemenang. Semoga penghargaan ini menjadi motivasi tambahan untuk terus mendukung penyaluran KUR kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM," kata Airlangga.

Tiga Kali  

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kemenko Perekonomian atas penghargaan tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, termasuk lembaga perbankan, yang telah mendukung suksesnya program KUR di Jateng.

"Terima kasih tentu kami sampaikan kepada Kemenko Perekonomian karena kami telah menerima penghargaan ini selama tiga tahun berturut-turut. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua rekan yang telah bekerja dengan tekun, sehingga penyaluran KUR di Jateng dapat mencapai angka yang signifikan dan strategi yang efektif," ujarnya.

Namun, ia mengingatkan bahwa semua pihak perlu terus berupaya meningkatkan kinerja. Semua aspek harus ditingkatkan agar dampak positif pemerintah benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Sekarang kita harus memastikan ulang bahwa sistem kita stabil, strategi kita tepat, dan bagaimana kita dapat lebih mendukung serta membantu UMKM," tandasnya.

Sebelumnya, pada tahun 2019, Provinsi Jateng juga telah meraih penghargaan sebagai provinsi penyalur KUR terbaik tingkat nasional. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, pada Kamis (19/12/2019) di Jakarta.

Tahun berikutnya, pada tahun 2021, Provinsi Jateng juga berhasil meraih penghargaan sebagai penyalur KUR terbaik tingkat nasional. Penghargaan ini diterima oleh Ganjar Pranowo di Ruang Graha Sawala, Gedung Ali Wardhana, Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, pada Selasa (18/1/2022).

Selanjutnya, pada tahun 2022, Jateng berhasil kembali menjadi provinsi dengan penyalur KUR terbesar untuk UMKM se-Indonesia, dengan total penyaluran mencapai Rp55,27 triliun.

Berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kementerian Keuangan per Rabu (26/10/2022), total nilai penyaluran KUR nasional mencapai Rp295,2 triliun. Nilai ini mengalami peningkatan sebesar 4,2 persen dibandingkan tahun 2021 yang mencapai Rp283,34 triliun.