1.898 Personel Gabungan Dikerahkan Kawal Acara Bulan Bung Karno di GBK
Sejumlah petugas melakukan penjagaan pada agenda Bulan Bung Karno di pintu masuk di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (24/6/2023). (Dok. ANTARA/Ilham Kausar)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 1.898 personel gabungan disiapkan dalam skema pengamanan acara Bulan Bung Karno (BBK) di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hari ini. Mereka disiagakan di beberapa titik.

“Sudah disiapkan personel pengamanan gabungan 1.898 orang,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dihubungi, Sabtu, 24 Juni.

Ribuan personel gabungan itu terdiri dari Polri-TNI, dan Pemerintah Provinsi DKI. Namun, tak disampaikan secara rinci jumlah personel yang dikerahkan oleh masing-masing institusi tersebut.

Hanya disampaikan, TNI-Polri serta pihak terkait lainnya siap mengamankan gelaran acara tersebut.

“TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Pemadam Kebakaran, dan Dinas Kesehatan,” kata Trunoyudo.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengerahkan 620 personel lalu lintas guna mencegah terjadinya kepadatan kendaraan saat acara Bulan Bung Karno di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno hari ini. Sebab, diprediksi ribuan bus bakal datang membawa peserta kegiatan tersebut.

"Sekitar 620 personel seputaran GBK. Itu lantas saja untuk kegiatan ini. Untuk pengaturan penjagaan sampai dengan pengaturan parkir perlu kita antisipasi betul,” ujar Dirktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman.

Kemudian, rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional bakal diterapkan. Namun, belum dirinci skema yang nantinya diberlakukan.

Latif hanya menyampaikan pihaknya juga akan menyediakan kantong parkir. Sebab, diprediksi 2.000 bus akan datang ke SUGBK.

"Tidak ada parkir bus yang sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Gatot Subroto. Parkir yang akan kita maksimalkan ada di Monas, Aldiron, Smesco, serta Kemayoran. Kemayoran terakhir karena sudah penuh kegiatan," sebutnya.