Indonesia dan Jerman Sepakat Perkuat Kerja Sama Pertahanan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan cendera mata berupa keris kepada Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius/ ANTARA/Gilang Galiartha

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan Indonesia dan Jerman sepakat untuk memperkuat kerja sama pertahanan kedua negara.

Menhan menyampaikan hal itu seusai menerima kunjungan resmi Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius bersama delegasinya di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin, 5 Juni.

"Hubungan bilateral Indonesia-Jerman, termasuk di bidang pertahanan, sangat baik dan sudah berlangsung puluhan tahun. Kami ingin terus memperkuat hubungan ini, itu jadi pembahasan utama pertemuan tadi," kata Prabowo saat menyampaikan keterangan pers bersama Menhan Pistorius selepas pertemuan dilnsir ANTARA.

Menhan Prabowo menegaskan, ia bersama sejawatnya, Menhan Pistorius, akan terus menempuh langkah-langkah proaktif guna mewujudkan peningkatan kerja sama pertahanan Indonesia-Jerman.

Sementara itu, Menhan Pistorius menyatakan dirinya dan Menhan Prabowo melakukan diskusi intensif sejumlah isu, termasuk beberapa hal yang sudah sempat dibahas saat keduanya mengikuti forum Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura pada akhir pekan lalu.

"Misalnya, tentang isu kawasan Indo-Pasifik dari sudut pandang Jerman dan Eropa," ujar Menhan Pistorius.

Kedua belah pihak, lanjut Menhan Pistorius, juga sempat membicarakan mengenai posisi bilateral Jerman di kawasan ASEAN dan Indo-Pasifik.

"Khususnya dengan Indonesia, yang telah menjadi rekan baik kami selama puluhan tahun," tuturnya.

Menhan Prabowo juga menyampaikan bahwa dirinya berencana untuk memenuhi undangan melakukan kunjungan resmi balasan dari Menhan Pistorius.

"Saya juga berjanji untuk melakukan kunjungan resmi balasan, Yang Mulia sudah mengundang saya untuk itu, kami sama-sama menantikan kunjungan balasan nanti," ujar Prabowo.

Salah satu bentuk kerja sama pertahanan Indonesia-Jerman di bidang pendidikan, saat ini sebanyak 670 personel Kemhan dan TNI, baik sipil maupun militer telah melaksanakan pendidikan di Jerman pada tahun 2022--2023.

Terdapat lima personel yang saat ini sedang melaksanakan pendidikan yang meliputi Cyber Security Seminar, Officer Training Information Visit, Basic Course Lofar Sonar Submarine Detection, Senior Executive Seminar (SES) dan Staff and Command College.

Selain di bidang pendidikan, terdapat forum kerja sama yang telah terbentuk dengan Jerman, yaitu Dialog Pertahanan Indonesia-Jerman (IGSPST – Indonesia Germany Security and Policy Staff Talks) yang diselenggarakan secara bergantian setiap tahun.

Menhan Pistorius tiba di Kantor Kemhan RI sekira pukul 14.30 WIB disambut langsung Menhan Prabowo sebelum keduanya melakukan pertemuan tinggi secara tertutup.

Selepas pertemuan, Menhan Prabowo menyerahkan cenderamata berupa keris kepada Menhan Pistorius.