Genjot Wisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Maksimalkan Potensi MRT
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Berbagai hal dilakukan oleh pemerintah untuk menggenjot sektor wisata dan ekonomi kreatif. Besok, 22-23 Januari, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, akan melakukan kunjungan kerja ke Kepulauan Riau (Kepri) terkait hal tersebut.

Pengembangan pariwisata Batam dan Bintan adalah salah satu fokus yang akan diamati dan dibahas. Apalagi, Kepri termasuk salah satu destinasi utama wisatawan mancanegara. Hal tersebut disampaikan oleh Buralimar, Kepala Dinas Pariwisata Kepri.

"Kepri ini masuk skala superprioritas di Indonesia. Jadi, silakan Pak Menteri tentukan program wisata Kepri yang terbaik untuk Kepri," ungkapnya, Kamis, 21 Januari, dikutip VOI dari Antara.

Masih terkait dengan pengembangan pariwisata dan ekonomi, Sandiaga Uno juga punya gagasan untuk memaksimalkan potensi stasiun mass rapid transit (MRT). Ia ingin menjadikan tempat tersebut sebagai ruang pertunjukan pelaku wisata dan ekonomi kreatif.

"MRT berpotensi untuk showcasing berbagai destinasi pariwisata dan berkaitan dengan kemajuan terknologi," ungkap Sandiaga, Selasa, 19 Januari, dilansir Tempo.

Salah satu contoh yang diberikan adalah Stasiun MRT H. Nawi yang menyediakan spot coffee culture dan travel planner. Hal tersebut, terangnya, dilakukan untuk menarik perhatian penikmat kopi.

Pengembangan pariwisata yang akan digarap Sandiaga adalah kolaborasi antara wisata dengan intelligent transport system (ITS). Bali merupakan tempat yang akan dijadikan pilot project.

"Bali kita rencanakan jadi pilot project untuk pembangunan dan penggunaan transportasi pintar, di mana nanti para wisatawan bisa memilih langsung dengan menggunakan platform digital sehingga bisa menjadi pariwisata berbasis inclusion in the inner city," terang Menparekraf.