Kangen Eril, Gubernur Ridwan Kamil Unggah Video yang Tak Biasa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Arka (dok Humas Pemkot Bandung)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengunggah sebuah video yang berisikan tentang kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) yang dibuat oleh seluruh keluarga. Kesepakatan itu dibuat pada 2016 silam saat mendiang Eril, anak pertamanya dan Zara, putri keduanya, masih remaja.

Diketahui, video tersebut merupakan curahan hati Kang Emil, sapaan Akrab Ridwan Kamil, yang tengah rindu terhadap sosok anak pertamanya Emmeril Kahn Mumtaz atau Eril.

Dari kertas yang ditandatangani Ridwan Kamil, Atalia, Eril, dan Zara, terlihat ada sembilan poin kesepakatan. Perjanjian tersebut ternyata diketik sendiri oleh mendiang Eril.

"7 tahun lalu, antara saya, mamah @ataliapr, alm A Eril dan Zara. Draft MoU diketik alm A Eril. Alhamdulillah mayoritas dipatuhi anak-anak," tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram pribadinya @ridwankamil, Rabu, 19 April.

Dari unggahan tersebut, terlihat detail poin kesepakatan, yang dari isinya ternyata melatih mental disiplin anak-anaknya, termasuk harus menjaga komunikasi dengan orang tua dan saling menghormati.

Adapun kesembilan poin tersebut di antaranya, orang tua adalah prioritas, cek line berkala (jawab kalau ada pertanyaan), bereskan kamar masing-masing (termasuk kamar mandi, persiapkan baju seragam, buku sekolah H-1, serta kabari kalau maghrib belum sampai ke rumah.

Kemudian, poin berikutnya adalah bangun subuh pas adzan berkumandang, belajar/ngaji bersama jam 8 malam, uang saku diberikan setiap 3 bulan sekali (bila perlu tambahan uang harus kerja dulu, contoh: mencuci mobil, mengurus max, mengurus sepeda, dll), serta jaga kebersihan tubuh dan belajar manner.

Berdasarkan pantauan VOI, sontak unggahan tersebut mendapatkan ribuan komentar dari para netizen. Banyak netizen Indonesia yang memberikan komentar positifnya terhadap unggahan Gubernur Jabar tersebut.

"Sepertinya bakal aku contoh didikan ini untuk anak-anakku kelak, ya walau sampai sekarang calon bapaknya belum nampak hilalnya," tulis akun @tsa****

"Ilmu parenting-nya udah nemu, tinggal jodohnya," ujar akun @lin*****