BKSDA Pasang Perangkap Buaya di Kanal RAPP
BBKSDA) Riau berupaya melakukan evakuasi terhadap seekor buaya yang dilaporkan muncul di kanal PT RAPP Pelalawan, Riau. ANTARA/HO-Humas BBKSDA Riau

Bagikan:

PEKANBARU - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berupaya melakukan evakuasi terhadap seekor buaya yang dilaporkan muncul di kanal PT RAPP Pelalawan yakni dengan cara memasang perangkap di area yang diinformasikan munculnya buaya.

Kepala Bidang BBKSDA Wilayah I Andri Hansen Siregar mengatakan tim BBKSDA Riau yang turun sudah menyiapkan dua perangkap di sekitar lokasi penampakan buaya tersebut.

"Informasi yang kami dapat buaya tersebut panjangnya sekitar 3 meter berjenis buaya muara," kata Hansen dilansir ANTARA, Rabu, 23 November.

Hasil pengecekan petugas di lapangan katanya menyebutkan diduga buaya muncul di sekitar lokasi karena datang saat kondisi air tinggi kemudian terkurung saat air surut.

Perangkap tersebut dipasang katanya dilakukan agar buaya tersebut dapat dievakuasi untuk selanjutnya dipindahkan ke habitat aslinya.

"Sudah hampir satu pekan ini dua perangkap dipasang, sampai saat ini belum berhasil sehingga petugas berkoordinasi dengan pihak perusahaan agar menambah plang himbauan di sekitar lokasi dan membersihkan area sekitarnya," katanya.

Hansen mengatakan, petugas kembali mendatangi lokasi untuk pengecekan dan menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak mendekati lokasi tersebut.

"Sosialisasi ini termasuk imbauan bagi pemancing untuk tidak mendekati lokasi berbahaya tersebut," ujar Hansen.