Cerita Komandan Baru Danrem 052/Wijayakrama, Brigjen TNI Achiruddin Serahkan Bendera Merah Putih ke Abu Bakar Ba'asyir
Pendiri Ponpes Al-Mukmin, Abu Bakar Ba'asyir terima Bendera Merah Putih (ist)

Bagikan:

JAKARTA - Komando Resor Militer (Korem) 052/Wijayakrama yang membawahi Kodim Jakarta Utara, Jakarta Barat, Tangerang, dan Tigaraksa kini dipimpin oleh sosok Brigjen TNI Achiruddin. Pengangkatannya berdasarkan Surat Keputusan (SK) Panglima TNI nomor 818/VIII/2022.

Sosok Jenderal Bintang satu ini pernah mendapat sorotan saat memberikan Bendera Merah Putih kepada pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustadz Abu Bakar Ba'asyir untuk dikibarkan pada peringatan HUT RI ke-77. Saat itu, Achiruddin masih memimpin di Danrem 074/ Warastratama Solo, Jawa Tengah.

Alhasil, momen HUT RI tahun lalu tersebut menjadi upacara pengibaran bendera Merah Putih pertama sepanjang sejarah Ponpes Al Mukmin berdiri.

"Prinsipnya, ustadz Abu Bakar Ba'asyir memahami Pancasila, khususnya sila Ketuhanan Yang Maha Esa memiliki makna kuat tentang ketauhidan. Beliau juga menyadari bahwa kemerdekaan Indonesia adalah karunia Allah SWT yang patut disyukuri, sehingga sebagai warga negara memperingati Hari Kemerdekaan bentuk dari rasa syukur tersebut," kata Achiruddin dalam keterangannya, Sabutu, 15 Oktober.

Achiruddin memang memiliki tekad kuat untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. Berbagai pendekatan positif dilakukan anggota korps Komando Pasukan Khusus (Kopassus) ini terhadap masyarakat agar saling menjaga kedaulatan Indonesia.

"Laksana seorang ibu, yang sudah memberikan jasa tak terhingga, maka sudah jadi tanggung jawab saya untuk menjaga dengan mengorbankan jiwa dan raga untuk NKRI. Apapun risikonya," ujarnya.

Kata Achiruddin, promosi pangkat dan jabatan yang diperolehnya tidak lepas dari peran kedua orang tua serta istri yang selalu mendukungnya.

"Saya percaya doa ibu selalu hadir dalam setiap penugasan yang saya emban. Selain itu, istri juga suportif di setiap penugasan saya. Bagi saya, hal tersebut menjadi kunci yang membuka pintu-pintu keberhasilan dalam setiap tugas," tuturnya.

Bagi Achiruddin, penugasan di Korem 052/Wijayakrama bukan hal yang baru. Sebelumnya, pada tahun 2017 silam dirinya juga pernah menjabat Kepala Staf Komando Resimen (Kasrem) 052/Wijayakrama.

"Rasanya senang bisa kembali ke sini. Bertemu kembali dengan anggota-anggota yang dulu pernah bekerja sama. Saya paham tantangan dan ancaman yang berpotensi mengganggu kedaulatan negara kita di wilayah ini. Saya mohon doanya untuk dapat menjalankan penugasan ini dengan baik," katanya.

Sekadar informasi, Achiruddin merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara 1994. Ia telah menjalani beberapa penugasan di militer seperti di Danyonban Sat 81-Gultor Kopassus, Dandim 0506/Tangerang (2015-2017), Kasrem 052/Wijayakrama (2017), dan Wadansat 81-Gultor Kopassus (2017—2018).

Lalu, pernah menjabat Asintel Danjen Kopassus (2018-2019), Komandan Grup A Paspampres (2019-2021), Pamen Denma Mabesad (2021-2022), Danrem 074/Warastratama (2022), Danrem 052/Wijayakrama (2022-Sekarang).