Ganjar Pranowo Soal Pencapresan: Itu Urusan Ketua Umum
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/DOK Humas Pemprov Jateng via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan urusan calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) akan diputuskan oleh Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum partai. Semua pihak diminta menahan diri.

"Soal copras capres kan PDIP itu urusan ketum. Kedua, yang menentukan juga partai," kata Ganjar kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis, 22 September.

Ganjar mengingatkan pendukung dari tokoh yang digadang-gadang saat Pilpres 2024 sebaikanya menahan diri. Termasuk, para relawannya yang membentuk dewan kopral.

Adapun dewan kopral ini diinisiasi oleh loyalis Ganjar Pranowo. Tujuannya, untuk menyaingi Dewan Kolonel bentukkan Fraksi PDIP di DPR RI yang mendukung Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai capres.

"Saya minta semuanya bisa menahan diri. Tadi Pak Sekjen (Hasto Kristiyanto) sudah menyampaikan, itu hanya canda-candaan, jadi publik tidak perlu respons," tegasnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berbicara soal Dewan Kolonel bentukan Fraksi PDIP di DPR RI. Kata dia, tim ini hanya candaan saja.

Meski begitu, Hasto mengingatkan masalah capres dan cawapres tersebut bisa berujung pada dinamika. Sehingga, semua diminta hati-hati dalam bersikap.

"Seluruh kader agar berdisiplin apalagi terkait dengan capres dan cawapres itu dinamikanya kan sangat kuat," kata Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 21 September.

Sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, sambung Hasto, para kader harus berpolitik dengan melihat konteks. Selain itu, partai berlambang banteng itu kini tengah fokus turun membantu rakyat.