Kasus Penembakan Brigadir J: Komnas HAM Masih Kumpulkan Kepingan-Kepingan Cerita Irjen Ferdy Sambo
Irjen Ferdy Sambo yang dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Kadiv Propam. (dok Humas Polri)

Bagikan:

DENPASAR - Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengungkap bukti baru kasus penembakan Brigadir Nopryansah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J setelah memeriksa para asisten rumah tangga (ART) dan ajudan (ACD) Kadiv Propam non aktif Irjen Ferdy Sambo. 

Anam mengatakan Irjen Ferdy Sambo tak ikut rombongan istri dan ajudan dalam perjalanan dari Magelang kembali ke Jakarta. Mantan Kadiv Propam itu, pulang ke Jakarta menggunakan pesawat alias dengan perjalanan udara seperti yang dikatakan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik.

"Yang dikatakan oleh Pak Taufan (Ferdy Sambo naik pesawat) itu benar," ujar Anam kepada wartawan, Selasa, 2 Agustus.

Komnas HAM sandingkan informasi dari para saksi 

Anam menjelaskan, hingga saat ini Komnas HAM masih terus menyandingkan informasi-informasi dari para saksi yang telah dikumpulkan sampai terbukti kebenarannya.

"Sehingga yang diceritakan satu pihak itu jadi kebenaran karena ada sandingan-sandingannya," katanya.

Menurut Anam, cerita dari para saksi yang dimintai keterangan beberapa hari terakhir belakangan mulai menunjukkan hasil yang positif. Kata dia, informasi kepulangan Ferdy Sambo adalah salah satu yang didalami.

"Itu yang bagian kita periksa beberapa hari ini, apakah dapat atau tidak sandingannya? (Kami) Dapat sandingannya," katanya.

Sebelumnya, Komnas HAM telah memeriksa satu ajudan atau aide-de-camp (ADC) dan asisten rumah tangga (ART) Irjen Ferdy Sambo, Senin, 1 Agustus. Salah seorang yang diperiksa merupakan ajudan Sambo di rumah dinas, Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan. Pemeriksaan berkaitan dengan insiden penembakan Brigadir J.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan dalam pemeriksaan tersebut pihaknya mendalami hubungan para ADC dengan Ferdy maupun istrinya.

"Kami mendalami bagaimana hubungan-hubungan antara ADC dengan ADC, ADC dengan pihak Pak Sambo maupun Bu Putri. Informasinya semakin kaya," kata Anam.

Anam juga mengklaim pihaknya mendapatkan dokumen baru yang bisa memperkuat struktur dari cerita dan waktu terkait kasus tersebut. Dokumen ini, kata dia, nantinya akan diperiksa dan diverifikasi lebih lanjut dengan keterangan maupun dokumen lainnya.

"Dokumen ini memperkuat berbagai constraint waktu, jadi constraint waktu itu kan kita ceritain sejak awal apa yang terjadi tanggal sekian, jam sekian, dan sebagainya, dan itu kami juga ditunjukkan dengan satu dokumen, jadi tidak hanya berupa keterangan tapi juga ada dokumennya," jelasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Komnas HAM Masih Kumpulkan Kepingan-kepingan Cerita Irjen Ferdy Sambo

Selain informasi soal kasus kematian Brigadir J, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.