Baim Wong Cabut Pendaftaran Merek Citayam Fashion Week, Wagub DKI: dari Awal Itu Punya Publik
Baim Wong dan Bonge (Foto: Paragram Official)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons tindakan Baim Wong yang mencabut pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Citayam Fashion Week lewat PT Tiger Wong Entertainment.

Sebagai pihak yang tidak mendukung pendaftaran merek Citayam Fashion Week, Riza memandang kegiatan di Dukuh Atas yang kini sedang digandrungi remaja "SCBD" tersebut pada dasarnya adalah milik publik.

"Saya pribadi menyampaikan dari awal bahwa tempat itu punya publik, punya warga, punya kita semua, jangan ada yang klaim," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 26 Juli.

Riza memandang, jika Baim Wong ingin membantu mengembangkan kegaiatan Citayam Fashion Week, bukan berarti dilakukan dengan cara mengambil paten dari nama tersebut. Baim, menurut Riza, bisa turun langsung dan membina para remaja di sana.

"Baim Wong ingin membantu, itu sesuatu yang baik. Tapi sebetulnya tidak perlu diurus HAKI-nya. Terus saja turun, bina, bimbing. Saya berterima kasih, Baim Wong dan istri yang membantu anak-anak. Mari kita bimbing anak-anak kita jadi lebih baik," ujar dia.

Sebagai informasi, dilihat dari Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI), Minggu, 24 Juli, pendaftaran Citayam Fashion Week dilakukan pada pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052181.

Selain perusahaan milik Baim Wong dan Paula, Citayam Fashion Week didaftarkan oleh Indigo Aditya Nugroho. Permohonan diterima pada 21 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052496.

Usai pendaftaran dipublikasikan, Baim Wong menuai kritikan dari banyak pihak, mulai dari warganet hingga kepala daerah seperi Riza Patria dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Warganet berpikir Baim Wong mencuri ide dari anak-anak muda dari pinggiran kota Jakarta itu.

Baim Wong akhirnya memilih untuk melepaskan HAKI Citayam Fashion Week. Dia tak ingin menyalahkan orang-orang yang beropini karena dirinya juga merasa wajar ketika melihat seperti apa yang dilakukannya, pasti akan timbul pertanyaan.

Baim Wong juga menegaskan tidak memiliki niatan untuk mengambil hak yang bukan miliknya. "Karena saya sama sekali tidak punya niatan untuk itu (mengambil hak orang)" tutur Baim.