Berita Bali Terkini: WN Jerman yang Menggelandang di Badung Ternyata Sudah <i>Overstay</i>
WN Jerman yang menggelandang di Badung diamankan pihak imigrasi. (FOTO Humas Imigrasi Ngurah Rai Bali)

Bagikan:

DENPASAR - Warga Negara (WN) Jerman berinisial DJ yang menggelandang di kawasan Badung, Bali ternyata sudah kehabisan izin tinggal alias overstay

Kepala Seksi Informasi Kantor Imigrasi Kelas I (TPI) Ngurah Rai, I Putu Suhendra mengatakan, dari pemeriksaan petugas bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, izin tinggal bule Jerman ini sudah habis pada 16 April.

"Namun petugas kesulitan menggali informasi lebih dalam, karena WNA tersebut tidak kooperatif dalam pemeriksaan serta keterangan yang diberikan tidak jelas dan berbelit-belit," kata Suhendra dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 7 Juli, dikutip dari VOI.

Imigrasi bakal deportasi DJ  

WNA ini dikenakan Pasal 78 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian yang mengatur bagi orang asing pemegang izin tinggal yang telah berakhir masa berlakunya dan masih berada dalam wilayah Indonesia lebih dari 60 hari dari batas waktu izin tinggal dikenai tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan.

"Dikarenakan kantor Imigrasi Ngurah Rai tidak memiliki sarana dan fasilitas pemeriksaan kesehatan yang memadai dan atas dasar kemanusiaan, maka WNA tersebut dipindahkan ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar untuk mendapat tindak lanjut pemeriksaan dari dokter sembari menunggu proses deportasi," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Satpol PP Badung, Bali, menyerahkan perempuan warga negara Jerman ke pihak Imigrasi Bali karena ditemukan menggelandang.

Bule Jerman berinisial DJ (52) ini diamankan petugas di kawasan Petitenget, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

"Sudah kita serahkan ke imigrasi untuk penanganan selanjutnya," kata Kepala Satpol PP Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, Selasa, 5 Juli.

Bule itu diduga kehabisan uang dan tak mampu lagi menginap di hotel hingga akhirnya menggelandang. Bule ini ditemukan berada di rumah kosong.

"Kita temukan dia di sebuah rumah kosong dalam kondisi cukup memprihatinkan," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perempuan Bule Jerman yang Menggelandang di Bali Sudah Habis Izin Tinggalnya, Tapi Sulit Dimintai Keterangan

Selain informasi soal WN Jerman yang menggelandang di Badung sudah overstay, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.