Kursi MenPAN-RB Kosong dan Diisi Sementara Mahfud MD, PKS Sarankan Jokowi Cepat Cari Pengganti Tjahjo Kumolo: Jangan Sampai Kosong Sebulan
Tjahjo Kumolo. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) kosong usai ditinggalkan Tjahjo Kumolo yang meninggal pada Jumat, 1 Juli. Saat ini, jabatan MenPAN-RB untuk sementara digantikan oleh ad interim Menko Polhukam Mahfud Md.

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera, menyarankan agar Presiden Joko Widodo lekas mencari pengganti Tjahjo Kumolo dan tak membiarkan kursi MenPAN-RB kosong lebih dari 1 bulan.

"Hak Pak Jokowi untuk menyegerakan atau menunda satu bulan ke depan. Tapi (saran) jangan lebih dari satu bulan," ujar Mardani kepada wartawan, Sabtu, 2 Juli.

Menurut anggota komisi yang bermitra dengan KemenPAN-RB ini, kekosongan pucuk pimpinan yang terlalu lama akan berdampak pada Kementerian itu sendiri. Menurut Mardani, hal itu akan berpotensi memperlambat proses perbaikan dan reformasi di kementerian tersebut.

"Satu bulan waktu terlama untuk mengisi kekosongan, itu akan berpotensi melambat proses perbaikannya," katanya.

Mardani pun menilai, pengganti Tjahjo tidak harus dari kalangan partai. Terpenting, kata dia, sosok tersebut mampu mengemban tugas yang diperintahkan Presiden Jokowi.

"Cari yang terbaik, tidak harus dari partai. Karena reformasi birokrasi satu dari lima program utama Pak Jokowi," katanya.

Mardani juga meminta agar jajaran KemenPAN-RB tetap bekerja seperti biasa. Dia berharap jajaran KemenPAN-RB tetap mengawal para ASN, abdi negara, dan melayani dengan profesional.

"Saya mendorong KemenPAN-RB terus memajukan diri menjaga, mengawal dan mengorkestrasi para ASN, abdi negara, untuk melayani sepenuh hati dengan sikap profesional," ucapnya.

Ketua DPP PKS itu pun tak lupa menyampaikan duka cita kepada keluarga atas meninggalnya Tjahjo Kumolo. Dia memastikan Komisi II DPR RI juga merasakan kehilangan sosok politikus senior PDIP itu.

"Duka mendalam untuk keluarga almarhum. Pak Tjahjo pribadi sederhana dan fokus dalam bekerja. Kami Komisi II DPR RI merasakan kehilangan yang besar," kata Mardani.

Seperti diketahui, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo Jakarta kemarin, Jumat, 1 Juli. Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Sementara, jabatan MenPAN-RB untuk saat ini masih dijabat oleh pejabat sementara Mahfud Md. Mahfud ditunjuk sebagai pengganti sejak Tjahjo Kumolo dirawat intensif di rumah sakit.

Terkait