Invasi Rusia ke Ukraina: Finlandia Siapkan Bunker Tahan Serangan Nuklir, Mampu Tampung 4,4 Juta Orang
Ilustrasi bunker di Finlandia. (Wikimedia Commons/Estormiz)

Bagikan:

JAKARTA - Helsinki, ibukota Finlandia menyiapkan antisipasi jika terjadi serangan nuklir, dengan tempat perlindungan bawah tanah atau bunker yang berfungsi dengan penuh, aman dan nyaman untuk aktivitas warga.

Invasi Rusia ke Ukraina serta peringatan Moskow terkait keinginan Finlandia untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), membuat warga ibukota membersihakn tempat perlindungan guna mengantisiasi perkembangan situasi yang terjadi.

Diketahui, Finlandia telah membangun bunker yang cukup untuk menampung 4,4 juta orang sejak tahun 1945, hanya kurang sekitar satu jutaan dari total populasinya.

"Orang-orang tidak memperhatikan tempat penampungan kami selama beberapa dekade, menggunakannya sebagai penyimpanan, tetapi sebenarnya perang Ukraina membuat mereka berpikir tentang kesiapan untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka," terang Petri Parviainen, kepala unit pertahanan sipil Helsinki seperti melansir The National News 12 Mei.

Dia berbicara 20 meter di bawah permukaan tanah, di sebuah ruangan besar yang diukir dari batuan dasar Finlandia berusia 1,8 miliar tahun dan dicat putih. Di belakangnya ada pintu logam besar dan tebal yang dirancang untuk menahan ledakan bom nuklir. Tak hanya itu, pintu di belakangnya juga menutup gua bawah tanah dari radiasi dan bahan kimia.

Terletak di bagian bawah Helsinki dan 150 kilometer dari perbatasan Rusia, bunker Merihaka dimasuki melalui struktur kaca persegi di alun-alun beraspal. Ini berisi lift bersama lima tingkat tangga baja yang luas.

Dalam keadaan darurat, bunker dapat diisi hingga kapasitas 6.000 dalam waktu sekitar 20 menit. Diperlukan 10 menit lagi bagi sukarelawan pertahanan sipil untuk menutup pintu. Di dalam penampungan ada cukup air untuk tiga minggu, tetapi tidak ada makanan.

Jaringan bunker adalah bagian dari perencanaan pertahanan komprehensif Finlandia yang mencakup 240.000 tentara dan stok artileri terbesar di Eropa. Itu juga bergantung pada intelijen militer yang kredibel yang, diharapkan, akan memberi orang pemberitahuan 72 jam tentang peperangan, serta peringatan akan serangan yang akan segera terjadi.

bunker finlandia
Ilustrasi bunker di Finlandia. (Wikimedia Commons/ZeroOne)

Pada saat itu, 40 sirene yang ditempatkan di sekitar Helsinki akan berbunyi, memberi isyarat kepada 650.000 warganya, bersama dengan puluhan ribu turis dan penumpang dari luar kota, untuk berlindung di tempat penampungan yang memiliki ruang untuk 900.000 orang.

"Jika kita berada di bawah peringatan umum, orang akan menerima informasi melalui sirene atau aplikasi 112 mereka untuk pindah ke tempat perlindungan terdekat," terang Tomi Rask, dari unit pertahanan sipil, saat menjadi tuan rumah tur pers internasional antara lain dariBBC, Jepang, Italia dan Belgia.

"Ketika personel berada di tempat penampungan, pintu-pintu ditutup dan tempat penampungan diberi tekanan berlebih terhadap bahan berbahaya apa pun. Setelah itu, kami memiliki beberapa mode mengemudi yang berbeda tergantung pada ancamannya," papar Rask.

"Tempat penampungan individu diberi pemberitahuan kapan harus beralih ke mode penyaringan radiasi. Dibutuhkan 10 hingga 15 menit untuk menutup tempat penampungan dan beralih ke mode perlindungan penuh."

Dia menunjuk ke pintu masuk jalan yang saat ini memungkinkan mobil untuk parkir di salah satu gua, lengkungan yang menghilangkan tekanan ledakan.Ssementara, pintu gandanya "mencegah bahan kimia beracun dan serangan senjata terkait gas".

"Tempat perlindungan ini sangat bagus untuk melawan serangan nuklir dan senjata kimia dan batuan dasar dapat menyerap banyak radiasi," tukasnya sambil Dia mengetuk dinding untuk meyakinkan.

Shelter Merihaka saat ini menampung area bermain lembut anak-anak, mungkin yang paling aman di dunia, sebuah kafe dan tiga lapangan hoki di samping tempat parkir mobil.

Ini juga memiliki ranjang untuk 2.000 tempat tidur untuk digunakan dalam shift delapan jam, toilet dan fasilitas cuci. Warga diharapkan membawa makanan, obat-obatan, dan kantong tidur sendiri.

Selama beberapa dekade, sebagian besar orang Finlandia mengabaikan tes sirene bulanan yang berbunyi pada hari Senin pertama setiap bulan. Namun pada tiga kesempatan terakhir, lengkingan mereka lebih terdengar dengan seksama.

Namun, tidak seperti di banyak ibu kota Eropa lainnya, Helsinkilainen tahu ada perlindungan dari Armagedon di bawah kaki mereka.

"Adalah tugas kami untuk menjelaskan kepada publik bahwa kami memiliki tindakan terhadap sebagian besar ancaman yang mungkin terjadi," sebut Rask.

"Ingat, Finlandia sudah siap," tegas Parviainen, saat awak media kembali ke siang hari.