Kata Pengamat soal Kekuatan Pasangan Prabowo-Puan dan Ganjar-Anies untuk Pilpres 2024
Prabowo Subianto/DOK Instagram pribadi

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei sudah mulai memproyeksikan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

Dalam hasil survei lembaga survei Saiful Mujani & Consulting (SMRC) dan Center for Political Communication Studies (CPCS), pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani unggul dibanding pasangan lainnya. 

Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Anies Baswedan unggul dalam survei Charta Politika dan Indikator Politik.

Menanggapi peluang duet Pilpres 2024, pakar komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai, masing-masing pasangan memiliki keunggulan dan tantangan tersendiri. 

“Sebetulnya, Pak Prabowo elektabilitas paling tinggi karena ada tabungan elektabilitas sebelumnya, Mbak Puan belum populer,” ujar Hendri, Selasa, 10 Mei.

Sementara untuk pasangan Ganjar-Anies, pria yang akrab disapa Hensat itu mengatakan, cukup berat meski bisa disatukan. 

"Apakah Anies-Ganjar peluangnya bisa disatukan? Bisa bisa saja, tetapi beban berat itu bukan di Anies tetapi Ganjar Pranowo," kata Hensat. 

Menurutnya, sebagai politikus PDIP, elektabilitas Ganjar paling tinggi dan ditaksir beberapa parpol untuk menjadi capres. Namun, sebagai kader Ganjar harus ikut arahan partai. 

Sementara soal PDIP, disebut-sebut ada dua nama kuat untuk maju sebagai capres yaitu, Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

"Siapa pun capres dan cawapres yang akan diusung oleh partai politik, masyarakat ingin sosok presiden yang ‘The next Jokowi’," jelas Hensat. 

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI itu menuturkan, lembaganya menemukan ada pergeseran kriteria calon presiden. Sebelumnya, kata Hensat, masyarakat ingin presiden yang merakyat lalu cerdas, sekarang jadi cerdas dan merakyat. 

 “Perubahan ini menarik, artinya masyarakat sudah move ke calon presiden yang the next Jokowi. Jadi kalau Jokowi merakyat, sekarang coba kita cari yang cerdas dan merakyat," terang Hensat.

Dengan kriteria seperti ini, tambah Hensat, maka strategi pemenangan di 2024 akan berbeda. Sebelumnya, kata dia, pencitraan bisa didorong sebagai penguat elektabilitas. 

 

"Mungkin setelah kriteria (capres) cerdas, strategi pemenangannya adalah pameran. Pamer-pamer hasil kerja, hasil pembangunan, enggak cuma pamer citra saja," pungkas dia.