Ma'ruf Amin Temui Jokowi di Istana Merdeka, Halalbihalal Sambil Berbincang Ringan
Presiden Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin/DOK BPMI Setpres

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam rangka halalbihalal di Istana Merdeka hari ini. Jokowi menyambut Ma'ruf saat turun dari mobil di depan Istana dan menuju ruangan untuk berbincang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

"Tentunya tadi siang Bapak Wakil Presiden RI berkunjung ke Bapak Presiden RI dalam rangka masih suasana Idulfitri, saling berdiskusi dan tentunya berdiksusi ringan," kata Heru, Senin, 9 Mei.

Dalam perbincangan itu, Jokowi dan Ma'ruf juga membicarakan agenda kerja masing-masing pada hari ini dan beberapa waktu ke depan. Jokowi dijadwalkan akan terbang ke Amerika Serikat pada Selasa, 10 Mei dan kembali pada Sabtu, 14 Mei 2022.

Di Amerika Serikat, Jokowi akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Khusus Asean-AS yang digelar di Washington DC pada tanggal 12 dan 13 Mei 2022. Setelahnya, Jokowi akan melakukan pertemuan dengan pendiri perusahaan roket SpaceX, Elon Musk.

Karenanya, Jokowi menugaskan Ma'ruf menggantikannya untuk Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2022 yang digelar malam ini di Bali. Ma'ruf terbang ke Bali pukul 14.00 WIB hari ini.

"Pak Wakil Presiden RI juga menyampaikan akan ke Bali sebagaimana tugas yang dilimpahkan oleh Bapak Presiden dan Pak Wapres akan menghadiri acara asosiasi para gubernur seluruh Indonesia," tutur Heru.

"Secara kebetulan, Bapak Presiden tidak bisa hadir dan dikarenakan besok pagi akan berangkat ke Amerika Serikat. Pada kesempatan itu, Pak Wakil Presiden menyampaikan selamat jalan dan beliau tidak bisa mengantar bapak presiden karena masih ada tugas di Bali," imbuh dia.