DPR Dukung Menlu Segera Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina
Retno Marsudi/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi NasDem Muhammad Farhan mendukung langkah Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang mempertimbangkan untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa bahan pangan dari Indonesia ke Ukraina.

"Bantuan kemanusiaan dikirim dalam rangka membantu masyarakat sipil korban perang," ujar Farhan dalam keterangannya, Kamis, 7 April. 

Justru, lanjut Farhan, pihaknya mendorong bantuan kemanusiaan segera dikirim ke Ukraina. Terlebih, kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia tidak terlibat dalam konflik tersebut.

"Kami sangat mendorong hal itu karena sejalan dengan pernyataan Jokowi 'kita anti perang'," katanya.

Kendati demikian, politikus NasDem itu menilai, Indonesia juga harus memperhitungkan pengamanan saat pembagian bantuan ke rakyat Ukraina. Pengiriman bantuan, kata Farhan, juga harus sampai di lokasi yang tepat.

"Rencana pengiriman bantuan ini memang perlu koordinasi logistik dan pengamanan saat pembagian kepada korban. Terpenting adalah penentuan lokasi penerima bantuan," pungkas Farhan.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa bahan pangan di Ukraina semakin menipis akibat perang. Ukraina, kata dia, dalam beberapa kali kesempatan pertemuan dengan negara-negara lain meminta bantuan pangan termasuk kepada Indonesia.

Dia menyebut Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengirim bantuan kemanusiaan kepada rakyat Ukraina. 

"Demi kemanusian, Indonesia mempertimbangkan memberikan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina," katanya dalam rapat kerja di DPR, Rabu, 6 April.