Dokter Spesialis Jantung Ungkap Enam Manfaat Puasa untuk Kesehatan
Dok VOI

Bagikan:

DEPOK - Dokter Spesialis Jantung RSUD Kota Depok, Jawa Barat, Melyana mengatakan berpuasa mempunyai efek yang baik bagi kesehatan.

"Ada enam manfaat yang bisa diperoleh bagi kesehatan tubuh dengan berpuasa," katanya di Depok, dilansir ANtara, Senin, 4 April.

Enam manfaat puasa bagi kesehatan yakni menyehatkan jantung, membantu detoksifikasi, menjaga berat badan, meningkatkan imun, menurunkan gula darah, dan meningkatkan fungsi otak.

Ia menjelaskan puasa dapat menyehatkan jantung, karena dengan berpuasa kadar kolesterol baik dalam tubuh meningkat yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Puasa juga dapat membantu proses detoksifikasi, karena tubuh akan memakan cadangan lemak dengan cara membakarnya bersama racun dalam tubuh. Tidak hanya itu, puasa juga dapat menjaga berat badan, karena merupakan diet yang dapat membersihkan usus dari endapan makanan yang dapat menjadi lemak.

"Saat puasa limfosit dalam tubuh akan meningkat, sehingga kekebalan tubuh juga meningkat, jadi tidak mudah diserang penyakit. Berpuasa juga dapat menurunkan gula darah hingga 30 persen dan dapat meningkatkan fungsi otak," katanya saat webinar bertajuk "Tips Sehat Selama Puasa pada Masa Pandemi" yang digagas Satgas COVID-19 Kota Depok, Jawa Barat.

Melyana menuturkan, agar dapat memperoleh manfaat berpuasa secara maksimal, terdapat beberapa hal yang harus menjadi perhatian, di antaranya tidak melewatkan waktu sahur dan mengatur menu makanan.

"Makanan yang disajikan sebaiknya dari sumber kalori dan karbohidrat kompleks yang rendah gula. Kemudian, perbanyak sayur dan serat serta kurangi makanan manis dan berlemak," ungkapnya.

Selanjutnya, kata Melyana, harus mengontrol porsi makan, mengurangi konsumsi kafein dan kadar garam tinggi. Kemudian, tetap beraktivitas fisik, cukupi kebutuhan cairan dan konsumsi suplemen dan vitamin.

"Dengan begitu diharapkan kita semua dapat berpuasa secara sehat dan maksimal dalam beribadah," katanya.