Berita Bali Terkini: Kejati Periksa 19 Orang Saksi Terkait Kasus Korupsi Dana LPD Sangeh
Ilustrasi korupsi (Sajinka2/Pixabay).

Bagikan:

DENPASAR – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Badung memeriksa 19 orang saksi terdiri dari pengurus LPD dan nasabah serta meminta keterangan satu orang ahli atas dugaan tindak pidana korupsi dana Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Sangeh, Kabupaten Badung.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali A Luga Harlianto dalam keterangannya di Denpasar, Sabtu malam, 26 Maret mengatakan, dari hasil pengumpulan keterangan saksi ada titik temu yang mengarah kepada tersangka, namun hal tersebut masih butuh proses untuk ditelusuri lebih lanjut.

Kerugian negara capai Rp130 miliar

Adapun jumlah kerugian negara berdasarkan berkas hasil penyelidikan di Kejari Badung sejumlah lebih dari Rp130 miliar yang nantinya akan dilakukan pendalaman oleh penyidik.

“Dalam waktu kurang dari dua minggu terhitung sejak diterbitkan Surat Perintah Penyidikan, Perkembangan penyidikan menunjukkan tren positif sehingga status penyidikan umum dapat segera ditingkatkan ke penyidikan khusus dengan menetapkan tersangka," katanya, dikutip dari Antara, Senin, 28 Maret. 

Selain itu, penyidik juga nantinya akan melakukan penyitaan beberapa dokumen terkait dengan dugaan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Sangeh.

Sebelumnya, terhadap kasus dugaan korupsi LPD ini, dan setelah memperhatikan hasil pemaparan Penyidik Kejari Badung pada akhir bulan Pebruari 2022 ditemukan bahwa nasabah dari LPD Adat Sangeh bukan hanya berdomisili di Kabupaten Badung namun di beberapa kabupaten di Propinsi Bali.

Selain itu, barang bukti yang akan disita juga berada di berbagai wilayah di Provinsi Bali. Selain terkait saksi dan barang bukti, jumlah kerugian yang diduga mencapai ratusan miliar juga menjadi dasar perlunya dilakukan penguatan penyidikan LPD Adat Sangeh. Sehingga penyidikan selanjutnya akan diambil alih oleh penyidik Kejati Bali.

Selain informasi soal kasus korupsi dana LPD Sangeh, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.