Indonesia Terpilih Jadi Tuan Rumah WWF 2024
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar pada 2024 mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

WWF adalah kegiatan pertemuan sejumlah negara yang membahas masalah pengelolaan sumber daya air oleh berbagai pemangku kepentingan.

Basuki mengungkapkan, keputusan Indonesia menjadi tuan rumah dihasilkan pada pertemuan WWF ke-9 di Dakar, Senegal beberapa waktu lalu. Indonesia berhasil meraih 30 dari total 36 suara Dewan Gubernur (Board of Governors) World Water Council (WWC).

“Kita mendapatkan vote tiga puluh sedangkan Italia hanya satu, sedangkan (Dewan Gubernur WWC) yang lainnya abstain,” ucap Basuki dalam keterangan resmi, Senin, 21 Maret.

Basuki mengucapkan terima kasih kepada WWC yang memberikan kepercayaan penuh kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah WWF ke-10 tersebut. Kota yang menjadi tempat penyelenggaraan WWF nanti adalah Bali.

Terdapat lima kriteria utama yang dilaporkan tim seleksi kepada tuan rumah WWF, yakni mencakup substansi dan program, kesiapan logistik (Venue) dan aspek teknis, pengorganisasian event, komunikasi dan marketing, serta komitmen pembiayaan untuk penyelenggaraan WWC 2024.

"Kami akan menyusun penyelenggaraan WWF ke-10 secara nyaman, aman, dan efisien di Bali. Di tahun 2024, kita bisa bertemu lagi di Bali untuk menghadiri forum berikutnya dan merasakan keramahan serta kearifan lokal Bali yang luar biasa, termasuk sistem Subak yang telah menjadi warisan dunia UNESCO," ucapnya.

Diketahui, WWF ke-10 akan diselenggarakan dengan mengangkat tema “Water for Shared Prosperity” untuk menjawab tantangan dan potensi global yang diakibatkan oleh peningkatan pertumbuhan penduduk dan urbanisasi.

Diharapkan, pada WWF ke-10, dapat dihasilkan solusi untuk menjawab permasalahan air secara global, khususnya memastikan ketersediaan serta pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan.