Jelang Ramadan, Polres Fokus Bantu Capaian Vaksinasi Lengkap di Banjar Kalimantan Selatan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Upaya mencapai vaksinasi COVID-19 dosis lengkap di Kalimantan Selatan, mendapat bantuan dari Polres Banjar. Langkah ini dilakukan jelang memasuki bulan suci Ramadan pada awal April 2022 mendatang.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI pertanggal 20 Maret 2022, capaian vaksinasi di Kabupaten Banjar dengan sasaran 442.251 orang atau 78 persen dari 565.635 populasi, sebanyak 381.203 orang atau 86 persen sudah menerima dosis pertama dan 208.431 orang atau 47 persen dosis kedua.

"Harapannya suntikan kedua alias dosis lengkap bisa capai 70 persen memasuki momen bulan puasa tahun ini," kata Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso dikutip Antara, Minggu 20 Maret.

Menurut dia, capaian vaksinasi sesuai target diharapkan penting mengingat selama Ramadhan terjadi peningkatan kegiatan keagamaan yang mengumpulkan banyak jamaah.

"Misalnya saja Shalat Tarawih tiap malam dan buka puasa bersama, maka kami harapkan semua jamaah yang berkumpul telah menerima vaksin dosis lengkap," jelas Doni.

Kapolres pun mengingatkan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan pada setiap kegiatan peribadahan karena pandemi belum berakhir dan penularan COVID-19 masih menjadi ancaman.

Meski kini kasus COVID-19 di daerah yang dikenal berjuluk Kota Serambi Makkah itu terus melandai dengan menyisakan 99 pasien dalam perawatan dengan mayoritas gejala ringan dan sedang.

"Besar harapan kita tentunya COVID-19 bisa berada di nol kasus saat Ramadhan tahun ini jika melihat tren baik penurunan penularan dalam satu bulan terakhir," ucapnya.