Hilang Selama 3 Hari, Bocah Kelas 6 SD Ditemukan Tewas di BKB Jakbar
Petugas mengevakuasi jasad Alfian bocah 12 tahun kelas 6 SD yang tenggelam di kali BKB, Jakpus/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Setelah tiga hari melakukan pencarian, Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan jasad Alfian, bocah 12 tahun yang tenggelam di Kali Banjir Kanal Barat (BKB), Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat, 18 Maret.

Saat ditemukan, Alfian sudah tidak bernyawa. Tubuhnya ditemukan di antara tumpukan sampah di depan Season City, Tambora, Jakarta Barat, Jumat 18 Maret.

Tim SAR gabungan menemukan tubuh Alfian di radius 5 kilometer dari titik lokasi awal tempat dia tenggelam.

"Korban kita temukan hari ini dan dievakuasi oleh tim SAR gabungan menuju RSCM. Kemudian kita serahkan kepada pihak keluarga untuk proses selanjutnya," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, Hendra Sudirman saat dikonfirmasi VOI, Jumat 18 Maret.

Hendra mengatakan, pada penemuan jasad korban, pihaknya melibatkan puluhan personil SAR gabungan. Pencarian dilakukan dengan membagi area menjadi 2 lokasi.

"Search and Rescue Unit (SRU) pertama melakukan pencarian dengan penyisiran di sepanjang aliran kali Ciliwung menggunakan perahu karet dengan radius kurang lebih 12 kilometer. Kemudian SRU kedua melakukan pencarian dengan penyisiran melalui jalur darat di sepanjang bantaran kali Ciliwung hingga radius 8 kilometer," ujarnya.

Adapun SAR yang terlibat melakukan pencarian terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Tanah Abang, Koramil Tanah Abang, Damkar DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta dan relawan lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Alfian, bocah usia 12 tahun dilaporkan tenggelam di Kali Banjir Kanal Barat (BKB), Kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Maret, sore.

Menurut keterangan Adit (16), teman Alfian, bocah kelas 6 SD itu tenggelam setelah bermain air di pinggir Kali BKB bersama tiga orang temannya.