Legislator PKB Abdul Kadir Karding Jelaskan Pemindahan IKN untuk Pemerataan ke Warga Jateng
Politisi PKB Abdul Kadir Karding (Foto: Istimewa)

Bagikan:

MAGELANG - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKB, Abdul Kadir Karding memberi penjelasan kepada warga Jawa Tengah mengenai pemindahan ibu kota negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara.

Hal ini ia sampaikan saat masa reses di daerah pemilihan (dapil) 6 Jawa Tengah. Karding mengatakan, Jokowi memutuskan untuk memindahkan ibu kota demi memeratakan pertumbuhan dan pembangunan di semua sektor, serta tidak harus selalu terpusat di Jakarta.

"Sebuah transformasi memerlukan kebijakan visioner akan bisa terlihat beberapa masa ke depan. Keputusan Pak Jokowi sudah pasti didukung oleh perhitungan cermat oleh para ahli-ahli yang tepat," kata Karding saat membuka pelatihan industri kecil dan menengah di Magelang, Jawa Tengah, dikutip Minggu, 6 Maret.

Karding memberi gambaran pada warga mengenai pemindahan ibu kota dari New York ke Washington DC di Amerika Serikat. Saat ibu kota pindah, sejumlah kota-kota besar bisa membagi perannya.

Ia menjelaskan, New York kini menjadi pusat kota bisnis, Washington DC menjadi kota administrasi pemerintahan, serta Los Angeles menjadi kota hiburan.

"Beberapa negara besar lainnya yang memindahkan status ibu kota sebagai salah satu strategi memeratakan pertumbuhan kehidupan berbagai sektor rakyatnya," jelas Karding.

Sebelum menutup pembahasan, Karding turut melontarkan kalimat candaan kepada warga dapilnnya. "Siapa tahu ke depan tiap kota-kota di Indonesia bisa bergilir statusnya menjadi ibu kota. Sampeyan pasti mau kan, Magelang suatu saat menjadi pilihan ibu kota, siapa tau loh," candanya disambut gelak tawa peserta.

Sebagaimana diketahui, kegiatan menyerap aspirasi warga dapil 6 Jawa Tengah dilakukan Karding dengan tujuan lima titik singgah mulai dari tanggal 4-7 Maret 2022 yang meliputi Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Purworejo, Wonosobo, dan Temanggung.