Menparekraf: Mafia Karantina di Bali Ikut Mencoreng Sektor Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Uno. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku sangat prihatin dengan adanya mafia karantina di Bali. Keberadaan mafia tersebut membuat harga e-visa di Pulau Dewata mahal.

 “Kami tentunya sangat menyayangkan, sangat prihatin, bahwa di saat yang sulit seperti ini ada yang mengambil kesempatan dalam kesempitan,” kata Sandiaga Uno dikutip dari Antara, Selasa, 22 Februari.  

Sebelumnya, pada Kamis, 17 Februari, Gubernur Bali I Wayan Koster melaporkan adanya mafia karantina di Bali dan pematokan harga e-visa yang tidak sesuai ketetapan.

Mafia karantina di Bali coreng pariwisata Indonesia

Menurut Sandiaga, banyak laporan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) Warga Negara Asing (WNA) merasa dirugikan oleh oknum yang diduga melakukan praktek mafia karantina.

Selain merugikan para PPLN WNA, perbuatan oknum tersebut dinilai mencoreng pariwisata Indonesia di mata dunia.

“Bali ini sudah sangat diminati oleh para wisatawan. Semenjak (Bali) dibuka, mereka berbondong-bondong untuk mendapatkan visa dan akhirnya mereka tergiur dengan tawaran dari para agen yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Menparekraf.

Pihak kepolisian menurut Sandiaga telah membentuk tim khusus guna menyelidiki kasus tersebut. Selain itu, para pemangku kepentingan terkait juga dinyatakan sudah membuat help desk bagi wisatawan asing agar tak menghadapi permasalahan yang serupa.

Untuk menghilangkan praktek “mafia karantina”, pemerintah harus terus mengevaluasi dan mengoreksi kebijakan karantina PPLN WNA untuk memberikan pelayan terbaik kepada wisatawan.

"Termasuk menyiapkan regulasi dan prosedur operasi standar/standard operating procedure (SOP) sebagai panduan operasional di lapangan. Juga prosedur melakukan PCR bagi PPLN ketika tiba di bandara, di mana pengawasannya dilakukan oleh tim yang melibatkan unsur teknis, termasuk dari Koordinator Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Disorot Wayan Koster-Cok Ace, Mafia Visa dan Karantina Ekspres Jutaan Rupiah Turis Asing Ditegaskan Sandiaga Bakal Disanksi.

Selain informasi soal mafia karantina di Bali, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.