Ganjar Pranowo Kucurkan Hibah Rp107,1 Miliar untuk 2.201 Lembaga Keagamaan di Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Antara)

Bagikan:

DENPASAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) kembali mengucurkan dana hibah untuk lembaga pendidikan keagamaan tahun 2022.

Total dana hibah yang diberikan mencapai Rp107,1 miliar. Dana tersebut akan disalurkan kepada 2.201 lembaga pendidikan keagamaan di Jateng, mulai dari lembaga pendidikan agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha.

"Dalam catatan kita ini, angkanya lumayan. Jadi yang tahun ini kira-kira Rp107,1 miliar, ini untuk 2.201 lembaga pendidikan keagamaan. Hari ini sudah mulai dicairkan (untuk tahap I), kurang lebih Rp22,1 miliar untuk 405 lembaga pendidikan keagamaan," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai penyerahan secara simbolis hibah bidang pendidikan di Aula Gedung Monumen PKK, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Senin 21 Februari, dikutip dari VOI.

Dana hibah bantuk pendidikan keagamaan di Jateng  

Ganjar menjelaskan bantuan atau hibah tersebut diberikan untuk mendorong dan membantu pendidikan keagamaan. Tentunya dalam rangka membangun pendidikan yang lebih maju dan berkarakter.

"Tadi juga saya titipkan agar anak-anak diajarkan pendidikan karakter. Jadi agamanya bagus, terus kemudian pergaulan antaranak bagus," kata Ganjar dalam pernyataannya.

Karakter seperti itu, lanjut Ganjar, akan menumbuhkan generasi penerus yang moderat. Cerita moderasi beragama bisa dimulai dari sekolah-sekolah ini dan akan menjadi investasi yang baik untuk masa depan Indonesia. Apalagi Indonesia sangat beragam dan satu hal yang penting yang diperlukan adalah rukun.

"Kalau mereka bisa bertemu dengan berbagai kelompok suku, agama, ras, golongan dan tiap hari mereka bisa berkomunikasi dengan baik maka menurut saya moderasi beragama menajdi investasi yang baik untuk masa depan," kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga terus mendorong program pemberian insentif guru agama di Jawa Tengah. Program ini sudah berjalan beberapa tahun terakhir dan akan terus dilakukan.

"Sama juga kita titipkan kepada seluruh guru agama, agama apa pun, agar yuk kita berikan kepada anak-anak kita pendidikan moderasi beragama sehingga orang itu bergaul sehari-hari itu adanya senang dan menghormati," kata Ganjar Pranowo.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ganjar Pranowo Beri Bantuan Rp107 Miliar untuk Lebih dari 2.000 Lembaga Agama.

Selain informasi soal Ganjar Pranowo kucurkan hibah Rp107,1 miliar untuk lembaga pendidikan keagamaan di Jateng, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.