Jumlah Pasien COVID-19 di Kota Semarang Melampaui 1.000 Orang
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

SEMARANG - Jumlah pasien yang dikonfirmasi terserang COVID-19 di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, melampaui 1.000 pada Sabtu 19 Februari.

Menurut data pemerintah kota pada Sabtu pukul 10.00 WIB jumlah penderita infeksi virus corona penyebab COVID-19 di Kota Semarang mencapai 1.079 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam mengatakan bahwa jumlah penderita infeksi virus corona di Kota Semarang menembus angka 1.000 sejak Jumat (18/2) malam.

"Tiga hari terakhir ini memang jumlah kasus hariannya tinggi. Peningkatan jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 setiap hari juga tinggi,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pekerjaan rumah pemerintah dalam menanggulangi penularan COVID-19 saat ini adalah meminimalkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19.

Pemerintah kota, menurut dia, menggiatkan pelaksanaan vaksinasi untuk meningkatkan ketahanan tubuh warga terhadap serangan COVID-19.

"Yang belum divaksin atau vaksinasinya belum lengkap diharapkan bisa segera datang ke sentra-sentra vaksinasi. Kita juga lakukan percepatan vaksinasi dosis ketiga," katanya.

Selain itu pemerintah kota melanjutkan upaya-upaya lain untuk mencegah dan menanggulangi penularan COVID-19, yang diperkirakan memuncak pada akhir Februari 2022, termasuk menegakkan protokol kesehatan serta melaksanakan pelacakan, pemeriksaan, dan penanganan kasus.

"Setelah mencapai puncak, perkiraan kasus akan langsung menurun tajam," kata Abdul.