Viral Video Angin Puting Beliung di Area Persawahan Tabanan, Begini Penjelasan BMKG
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

DENPASAR – Sebuah video yang memperlihatkan fenomena angin puting beliung di area persawahan kabupaten Tabanan viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @pinapibali pada Senin, 7 Februari 2022. Fenomena angin puting beliung terjadi di Desa Luwus Baturiti Tabanan.

Penjelasan BMKG

Koordinator Bidang Data dan Informasi Balai Besar MKG (BBKMG) Wilayah III Denpasar, Bali, I Nyoman Gede Wiryajaya mengatakan puting beliung terbentuk oleh awan cumulonimbus.

"Jika pusaran angin seperti itu terjadi di darat disebut puting beliung dan jika di air laut atau danau disebut water spout dan disebabkan oleh awan CB (Cumulonimbus)," kata Wiryajaya. Dikutip dari VOI, Selasa, 8 Februari.

Pada siang hingga sore hari disebut terjadi hujan disertai angin kencang di Bali bagian tengah atau Kabupaten Tabanan. Dilaporkan juga terjadi pohon tumbang dan banyak dahan pohon patah di Jalan Raya Beringkit, Kapal, Kabupaten Badung, serta banjir di Jembatan perbatasan Sibanggede dan Darmasaba di Kabupaten Badung, Bali.

Berdasarkan analisis BMKG, nilai kelembaban udara dan  lapisan permukaan hingga 700 mb menunjukkan nilai cukup tinggi yaitu berkisar antara 70 hingga 90 persen.

"Faktor tersebut mendukung proses terjadinya pembentukan awan konvektif sehingga terjadi hujan dengan intensitas sedang dan lebat. Berdasarkan analisis citra radar terdapat awan-awan konvektif yang disertai hujan ringan hingga lebat mencapai 48 dBz di daerah tersebut dari jam 13.50 (hingga 15.50 Wita dan berdasarkan citra satelit cloud type himawari terdapat awan CB pada pukul 15.00 Wita di Pesisir Selatan Tabanan," ujar Wiryajaya.

Masyarakat diimbau waspada terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang serta kilat dan petir.

"Selain itu bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari, dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir diimbau untuk waspada potensi gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2.0 atau lebih di Selat Bali bagian selatan, selat Badung, Selat Lombok, dan Samudra Hindia Selatan Bali," kata Wiryajaya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Muncul Puting Beliung di Persawahan Tabanan, Ini Penjelasan BMKG.

Selain informasi soal fenomena angin puting beliung di Tabanan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait