Target Vaksinasi Lansia Tercapai, Pemko Medan Segera Berikan Vaksin Anak dan Booster
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut pihaknya telah mencapai target vaksinasi terhadap lansia. Setelahnya, Pemko Medan akan melakukan vaksinasi anak secara serentak mulai Senin, 17 Januari. 

Nantinya, Pemko Medan akan memberikan vaksin jenis sinovac kepada siswa sekolah dasar tersebut. 

"Target vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) sudah tercapai. Karena itu, vaksinasi anak 6 sampai 11 Tahun di Kota Medan dapat dilaksanakan menggunakan vaksin Sinovac," kata Bobby Nasution, Kamis, 13 Desember. 

Dia berharap, vaksinasi dilakukan di sekolah-sekolah agar ketertiban terjaga. 

"Karena anak-anak, perlakuan pasti berbeda dibanding orang dewasa. Selain itu, harus didampingi orangtua," sarannya.

Terkait vaksinasi Booster, Bobby Nasution mengatakan Kota Medan sudah bisa memulainya. Sebab, target vaksinasi secara umum maupun lansia telah tercapai.

"Untuk booster kemari sudah diizinkan namun kita masih mengejar yang vaksinasi lansia dosis 1 dan 2. Untuk dosis booster, dosis ketiga, ada 20 ribu dosis Pfizer, karena yang akan disuntikkan untuk Booster jenis Pfizer. Ketentuannya juga sudah dijelaskan, yaitu yang sudah vaksin kedua lebih dari enam bulan," papar Bobby Nasution.

Total vaksinasi lansia yang sudah dilakukan 204 ribu lebih. Dari jumlah itu, Pemko Medan akan menghitung kembali berapa jumlah lansia yang sudah melewati masa vaksin kedua lebih dari enam bulan. Khusus untuk vaksinasi booster, hanya setengah vial atau setengah dari dosis vaksinasi 1 dan 2. 

"Itu yang akan kita prioritaskan, divaksin, Senin juga nanti dilaksanakan," ujar Bobby Nasution.