Siswa SDN Cipinang Muara 01 Jalani Tes PCR, Kepsek: Jika Ada Penularan di Bawah 5 persen, Sekolah Diliburkan Selama 7 Hari
Sekolah SDN Cipinang Muara 01 saat menjalani tes PCR/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Sekolah SDN Cipinang Muara 01, Osep Saepudin mengatakan, sebanyak 63 siswa dari SDN Cipinang Muara 01, Jatinegara, Jakarta Timur mulai menjalani test PCR untuk mencegah penyebaran COVID-19 varian Omicron. Pelaksanaan test PCR dilakukan setelah dilakukan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

"Tujuannya untuk mengetahui setelah PTM 100 persen ini apakah terjadi penularan, kluster dan lain-lain," kata Osep kepada wartawan, Senin 10 Januari.

Osep menambahkan, bahwa pelaksanaan test PCR itu bekerja sama dengan Puskesmas Kelurahan Cipinang Muara. Sedangkan siswa yang mengikuti test PCR berasal dari kelas 6 SD.

"Bila terjadi penularan di bawah lima persen itu hanya tujuh hari diliburkan," katanya.

Sementara jika nantinya hasil positif COVID-19 di atas lima persen, maka sekolah akan ditutup sementara dan pembelajaran dilanjutkan secara daring.

"Kalau terjadi kluster lebih dari lima persen, sesuai SKB Empat Menteri itu akan ditutup 14 hari. Mereka akan belajar online lagi," katanya.