Keakraban Jokowi-Ganjar Tak Pengaruhi Keputusan Megawati Pilih Capres dari PDIP
Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Isntagram

Bagikan:

JAKARTA - Keakraban Presiden Joko Widodo dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Jateng mendapat sorotan.

Banyak pihak berspekulasi bahwa Jokowi bakal mendukung Ganjar menjadi penerusnya di Pilpres 2024 mendatang. Terlebih keduanya merupakan kader PDIP.

Meski PDIP mensinyalkan Puan Maharani untuk maju, namun tak bisa dipungkiri elektabilitas Ganjar paling tinggi.

Menanggapi itu, pengamat politik Dedi Kurnia Syah mengatakan Jokowi memang lebih dekat dengan Ganjar terlepas kapasitasnya sebagai kepala daerah.

"Membaca relasi primordial Jokowi cenderung lebih dekat pada Ganjar dan berulangkali beraktivitas di Jateng menyertakan Ganjar," ujar Dedi saat dihubungi, Kamis, 6 Januari.

"Meskipun memang Ganjar sebagai gubernur punya kewajiban mendampingi presiden saat lakukan kunjungan," sambungnya.

Kendati begitu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) mengingatkan bahwa di mata Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jokowi dan Ganjar hanya sebatas petugas partai.

Megawati, nampaknya akan memilih anaknya, Puan Maharani untuk mencalonkan diri di Pilpres 2024. Apalagi baliho hingga plastik sembako Puan telah bermunculan.

Karena itu, Dedi menilai kedekatan Jokowi dan Ganjar hanya berpeluang untuk mempengaruhi kelompok pemilih pada Pilpres 2024. Di mana suara Jokowi bisa dialihkan ke Ganjar, namun bukan untuk mengusungnya.

“Dalam konteks PDIP, tetap saja Megawati yang jauh lebih besar pengaruhnya dibanding Jokowi," pungkasnya.

Kabar kedekatan hubungan Jokowi dan Ganjar kembali mencuat pasca keduanya bersaut-saut di media sosial.

Awalnya, saat Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Jawa Tengah, dia sempat mengunggah sebuah foto di akun instagramnya, @Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat sedang membungkuk sambil memegang tali sepatu kanannya. Nampak di sebelah kiri Jokowi ada Menseskab Pramono Anung dan di sebelah kanan maupun belakangnya ada sejumlah perwira TNI/Polri.

Jokowi juga menuliskan kalimat dalam unggahan tersebut.

"Eratkan tali sepatu, sebelum melangkah jauh. Pagi ini saya ke Jawa Tengah untuk kunjungan kerja ke Sragen, Grobogan, Blora, dan Semarang." tulis Jokowi.

Postingan itu lantas dikomentari Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan dibagikan di laman Twitternya.

Dia mengatakan menunggu kehadiran Presiden Jokowi di daerahnya.

"Siap, saya tunggu pak di Jateng," tulis Ganjar Pranowo sembari mengomentari unggahan Jokowi dari Twitter @ganjarpranowo, Rabu, 5 Januari 2022.