Posko Pengungsian Korban Erupsi Semeru Jadi Tempat Syuting Sinetron TMTM, Bupati Lumajang: Ilegal, Saya Selesaikan Dulu di Internal
Petugas menyisir lokasi terdampak erupsii Gunung Semeru beberapa waktu lalu/ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Lokasi pengungsian korban Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mendadak viral di media sosial. Penyebabnya, posko pengungsi di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, itu dijadikan tempat syuting sinetron pada Selasa, 21 Desember.

Dikonfirmasi terkait hal itu Bupati Lumajang Thoriqul Haq, memastikan kegiatan syuting tersebut tidak memiliki izin. Namun, Thoriq beluk melakukan tindakan konkret terkait kegiatan syuting ilegal tersebut. 

"Kegiatan itu (syuting sinetron) tidak ada izinnya alias ilegal. Saya selesaikan dulu di internal, siapa yang berkomunikasi dengan PH, setelah itu segera akan ada tindakan," kata Thoriq kepada wartawan, Kamis, 23 Desember.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu, membenarkan ada proses pengajuan izin dari rumah produksi pembuat sinetron itu. Namun, kata Cak Thoriq—sapaan Thoriqul—pihaknya saat ini masih koordinasi dengan pihak berwenang. "Masih proses pengajuan dari pihak PH, untuk supaya dinas terkait kordinasi dengan pihak yang berkeputusan," ujarnya.

Sebelumnya, video kegiatan syuting sinetron itu viral di media sosial. Sebab, kegiatan syuting itu dilakukan di posko pengungsi di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, pada Selasa, 21 Desember.

Para relawan menyuarakan kritik mereka terhadap sinetron tersebut lantaran dianggap minim rasa empati. Hingga akhirnya, salah satu artis pemeran dalam sinetron tersebut Rebecca Tamara, menyampaikan permintaan maaf melalui akun media sosialnya.

Demikian juga dengan rumah produksi sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda, Verona Pictures, juga menyampaikan permintaan maaf melalui akun Instagram resminya.

"Jika kami ada menyinggung para korban dengan kedatangan kami, kami sungguh sungguh minta maaf dari lubuk hati kami yang terdalam," tulis Verona Pictures, dari laman Instagram @veronapictures, Kamis, 23 Desember.

Terkait