Banjarmasin Belum Bisa Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun karena Capaian Vaksin Lansia Tak Penuhi Syarat
Ilustrasi ANTARA

Bagikan:

BANJARMASIN - Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Machli Riyadi menyatakan daerah itu belum bisa melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun karena vaksinasi lansia belum mencapai 60 persen.

Menurut Machli, vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun secara nasional resmi dimulai hari ini. Namun di Banjarmasin terkendala dengan capaian target vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia).

"Jadi, syaratnya harus 60 persen capaian vaksinasi bagi lansia, daerah ini baru bisa menggelar vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun," katanya dikutip Antara, Rabu, 15 Desember.

Menurut Machli Riyadi, capaian vaksinasi COVID-19 bagi lansia di Banjarmasin belum mencapai 50 persen  dari target sasaran.

"Karenanya, kita genjot terus program vaksinasi COVID-19 ini dengan fokus sasaran lansia. Target sasaran vaksinasi COVID-19 bagi lansia ini sebanyak 45 ribu orang lebih.

"Kita harap masyarakat mendukung percepatan program vaksinasi COVID-19 ini dengan membawa keluarganya yang lansia untuk ikut divaksin," kata Machli Riyadi.

Sebab, menurut dia, program vaksinasi COVID-19 ini demi terciptanya kekebalan kelompok.

Terkait data jumlah anak usia 6-11 tahun yang menjadi target sasaran vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengaku belum mengantongi datanya.

"Belum ada datanya (jumlah anak usia 6-11 tahun yang memenuhi syarat divaksin)," ujarnya.

Machli Riyadi menyampaikan program vaksinasi COVID-19 di Kota Banjarmasin hingga kini sudah mencapai 72 persen dari target sasaran untuk keseluruhan, di luar anak usia 6-11 tahun.

"Capaian 72 persen ini untuk suntik dosis pertama, sedangkan dosis kedua baru sekuiar 55 persen dari target 656 ribu," ujarnya.